Kejuaraan Drone Race dan Archery Championship Kasal Cup 2024 Resmi Dibuka

Sidoarjo (cokronews.com) —– Kejuaraan Drone Race dan Archery Championship
Kasal Cup 2024 resmi dibuka Komandan Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Danpuspenerbal), Laksda TNl Sisyani Jaffar mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNl Dr. Muhammad Ali di Apron Delta Skuadron Udara 400 Wing Udara 2 Puspenerbal, Juanda, Sabtu (4/5/2014).

Hadir dalam kesempatan tersebut Komandan Kodiklatal Letjen TNl (Mar) Nur Alamsyah, Pangkoarmada ll Laksda TNl, Gubernur AAL Laksda TNl Supardi, Komandan STTAL, Kadispesial, Kepala RSPAL dr. Ramelan, Ketua Koni Jatim, Ketua
Fasi Jatim, Ketua APDl Jatim, Ketua Perpani Jatim, Kadis Pendidikan Jatim, Kadispora Jatim, pejabat tamu undangan, para atlet drone race dan archery championship Kasal Cup 2024.

Kasal dalam sambutannya yang dibacakan Komandan Puspenerbal mengatakan bahwa dua event olahraga besar Kasal Cup ini, digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan TNl AL ke-78 dan HUT ke-68 Penerbangan TNl AL tahun 2024.

“Harapan terbesar dari penyelenggaraan kejuaraan ini adalah terbangunnya
atmosfer olahraga modern, khususnya di bidang drone dan berkembangnya
olahraga archery secara masif di lndonesia, khususnya di lingkungan TNl AL,” terang Kasal.

Drone Race Kasal Cup tahun 2024 lanjutnya, merupakan salah satu upaya
pembinaan atlet drone baik tingkat nasional maupun tingkat daerah. Dalam
kejuaraan yang berlangsung dua hari (4-5 Mei 2024) ini, dipertandingkan mulai dari kategori anak pada kelas micro,
mewadahi pemula untuk bisa bermain pada kelas 3 inch, serta tetap mewadahi
kelas pemula yang sudah bermain pada kelas pro.

Selain itu, yang menjadi sangat istimewa adalah kejuaraan drone race tahun ini menjadi kejuaraan dengan kelas lomba terbanyak yang pernah diselenggarakan di lndonesia dengan jumlah 82 peserta, serta untuk pertama kalinya dibuka untuk
kelas TNl/Polri.

Dari 82 peserta tersebut, Kategori Micro Brushed anak 7 orang, Kategori Micro Brushles TNI Polri 6 orang, Kategori Micro Brushless Umum 22 orang, Kategori Drone 3 Inch Umum 15 orang dan Kategori Drone F9U (5 Inch) 32 orang.

Kejuaraan yang ditunggu-tunggu oleh para atlet untuk dapat menyalurkan hobby, bakat dan membuktikan kemampuan serta keterampilan menjadi pilot drone, tentunya kemampuan serta keterampilan sebagai pilot drone ini, sangat bermanfaat dalam penugasan.

“Kita bersama telah mengetahui tentang
penggunaan drone yang mampu menjadi game changer, menentukan kemenangan dalam pertempuran,” ungkap Kasal.

Kejuaraan kali ini bukan hanya drone race saja, tetapi juga ada Archery Championship yang pelaksanaan lombanya akan dimulai pada 5-9 Juni 2024 mendatang di Lapangan Dakota Lanudal Juanda dengan target diikuti oleh 500 peserta.

Kejuaraan ini bukan hanya untuk mengejar prestasi semata, lebih dari itu, kompetisi ini diharapkan dapat menunjukan nilai-nilai
kegigihan, kedisiplinan dan kejujuran dalam diri setiap atlet.

“Untuk itu jaga selalu semangat sportivitas dalam setiap kompetisi untuk menjadi
yang terbaik,” pungkasnya. (Arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *