Dengan Gemarikan, Kab. Kediri “Makin Kece Sekali”

Kediri (cokronews.com) —– Dinas Perikanan Kabupaten Kediri bekerja sama dengan TP-PKK Kabupaten Kediri menggelar kegiatan kampanye Gerakan Masyarakat Makan Ikan (GEMARIKAN) dengan tema Makan Ikan Kediri Cerdas Stunting Tak Ada Lagi (MAKIN KECE SKALI). Kegiatan ini diselenggarakan di Balai Desa Ngletih, Kecamatan Kandat, Kamis (2/5/2024).

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Forikan Kabupaten Kediri yang diwakili oleh Ketua Pokja 3 TP-PKK Kabupaten Kediri drh. Tutik Purwaningsih, Kabid Usaha Perikanan drh. Ennysa Novia Amalia, Camat Kandat Edhi Purwanto, SH dan Kepala Desa Ngletih Ir. H. Agus Priyono.

Dalam sambutannya, drh. Tutik Purwaningsih menjelaskan agar kegiatan seperti ini terus digaungkan ke seluruh lapisan masyarakat mengingat kasus stunting menjadi permasalahan di setiap negara.

“Kegiatan seperti ini harus terus digaungkan kepada seluruh lapisan masyarakat mengingat untuk stunting menjadi permasalahan hampir di semua negara,” ujarnya.

Kasus stunting sendiri di Kabupaten Kediri dari tahun ke tahun sudah mengalami penurunan. Ini sejalan dengan misi Mas Bupati agar kasus stunting menjadi perhatian khusus bagi semua lapisan.

Di Kabupaten Kediri sendiri untuk di Kecamatan Kandat per bulan timbang bulan Februari kasus stunting sudah turun dari yang sebelumnya di kisaran angka 344 anak, untuk bulan timbang kemarin turun menjadi 266 anak.

Kabid Usaha Perikanan, drh. Ennysa Novia Amalia menambahkan untuk ibu-ibu agar terus memperhatikan kesehatan buah hatinya, harus ada olahan ikan yang disajikan untuk buah hati nya.

“Untuk ibu-ibu yang hari ini hadir agar tidak berhenti sampai disini, harus ada olahan ikan yang disajikan mengingat olahan ikan sangat tinggi proteinnya, itu sangat bagus untuk kesehatan buah hati nya,” tambahnya.

Di dalam kampanye Gemarikan ini dibagikan paket olahan ikan sebanyak 50 paket terdiri dari 44 paket untuk balita wasting dan stunting serta 6 paket untuk bumil KEK. Didalam paket tersebut ada banyak olahan ikan, seperti Fillet Patin, Nila Bumbu, Otak-otak Patin dan Abon Patin. Di dalam paket tersebut juga diberikan pamflet tentang bagaimana kegunaan ikan serta resep-resep yang bisa digunakan untuk mengolah ikan.
Tutik Purwaningsih berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini bisa menambah semangat kepada ibu-ibu untuk bersama-sama bergerak menurunkan angka stunting di Kabupaten Kediri menjadi Zero Growth Stunting.

“Memang kegiatan ini luar biasa sekali, dan diharapkan bisa memotivasi ibu-ibu untuk bersama-sama bergerak menurunkan angka stunting bahkan mencegah dan mudah-mudahan bisa mencapai zero growth stunting,” harapnya. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *