4 Bulan, 313 Orang di Tuban Terjangkit Demam Berdarah, 3 Orang Meninggal Dunia

Tuban (cokronews.com) —– Kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) di Kabupaten Tuban dalam beberapa bulan terakhir ini terus meningkat.
Penanggung Jawab (PJ) DBD Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Tuban, Susilowati mengungkapkan bahwa dalam kurun waktu empat bulan, sebanyak 313 masyarakat terjangkit DBD. Bahkan, 3 orang meninggal dunia.

“Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk selalu waspada,” ucap Susilowati.
Menurutnya, ratusan kasus yang terjangkit DBD itu terdapat tiga orang masyarakat yang meninggal dunia yang berasal dari Kecamatan Bangilan, Kecamatan Kenduruan, dan juga wilayah Puskesmas Temandang, Kecamatan Merakurak.

“Rata-rata usia yang terkena DBD adalah usia anak, yaitu usia 5 sampai dengan 14 tahun,” terang Susilowati.
Ia juga menjelaskan, penyakit DBD yang menyerang masyarakat ini merupakan penyakit virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Sehingga, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk, untuk mencegah kasus DBD di Kabupaten Tuban semakin meningkat.

Lanjut, masih kata Susilowati bahwa pemberantasan sarang nyamuk ini dilakukan dengan 3M plus, seperti menutup, menguras dan mengubur barang-barang bekas. “Untuk plusnya yaitu, memelihara ikan untuk pemakan jentiknya dan penanaman bunga lavender atau serih untuk pengusir nyamuknya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *