KA Malioboro dan KA Arjuno Tambahan dari Stasiun Malang Disiapkan PT KAI Jelang Long Weekend

Surabaya (cokronews.com) —- PT KAI Daop 8 Surabaya menyiapkan Kereta Api (KA) Tambahan sebagai kesiapannya untuk melayani para penumpang jelang libur panjang atau long weekend memperingati Kenaikan Isa Almasih, mulai Kamis (9/5/2024) hingga Minggu (12/5/2024).

Dalam menyambut momen long weekend ini , KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 47 perjalanan KA, yang terdiri dari 43 KA jarak jauh regular, 3 KA jarak jauh tambahan, dan 1 KA lokal komersial tambahan.

KA tambahan yang disiapkan termasuk dua KA yang berangkat dari stasiun Malang, yakni KA Malioboro Ekspres relasi Malang – Purwokerto dan KA Arjuno Ekspres relasi Surabaya Gubeng – Malang PP.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan bahwa KAI siap mengakomodir kebutuhan pelanggan yang akan menggunakan transportasi KA dalam melakukan mobilisasi aktifitas selama libur panjang itu.

KAI siap mengoperasikan 47 perjalanan KA dengan jumlah tempat duduk sebanyak 27.118 setiap harinya.
“Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya. Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api,” ujar Luqman di Stasiun Gubeng, Selasa (7/5/24).

Luqman juga menambahkan, berdasar data pada Selasa (7/5/2024), KAI Daop 8 Surabaya mencatat 59.324 pelanggan yang berangkat dari Daop 8 Surabaya pada Rabu (8/5/2024) hingga Minggu (12/5/2024).

Sementara untuk jumlah okupansi pelanggan diprediksi masih akan meningkat seiring penjualan tiket masih berlangsung.

Okupansi pelanggan terbanyak yang akan berangkat pada 8-12 Mei 2024 ada di tiga Stasiun, dengan rincian Stasiun Surabaya Pasarturi sebanyak 17.122 pelanggan, Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 16.591 pelanggan, dan Stasiun Malang sebanyak 12.383.

Sejalan dengan kondisi okupansi itu pula, KAI mengimbau bagi masyarakat yang akan bepergian menggunakan transportasi KA agar segera melakukan pemesanan tiket KA sehingga dapat memilih kereta api dan tanggal keberangkatan sesuai keinginan.

“Namun apabila KA dan tanggal keberangkatan yang diinginkan telah habis, dapat memanfaatkan fitur connecting train yang tersedia pada aplikasi Access by KAI. Fitur ini akan mengkombinasikan jadwal kereta api yang bersifat pesambungan,” pungkasnya.

Adapun KA jarak jauh dan KA lokal komersial tambahan di Daop 8 Surabaya yang beroperasi pada 9-12 Mei 2024 antara lain:

  1. KA Malioboro Ekspres relasi Malang – Purwokerto,
  2. KA Malabar relasi Malang – Bandung,
  3. KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta,
  4. KA Arjuno Ekspres relasi Surabaya Gubeng – Malang PP. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *