Tingkatkan Kepedulian Kepada Masyarakat, Satdik-1 Kodiklatal Libatkan Siswa Dalam Bakti Sosial

Tanjung Uban. (Cokronews.com) – Sebagai upaya meningkatkan rasa kepedulian siswa terhadap kehidupan masyarakat sekitar, Satuan Pendidikan (Satdik)-1 Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang bermarkas di Tanjung Uban menggelar bakti sosial di Masjid At Thoriq Kampung Sei Jeram, Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara, Rabu (21/9/2022).

Bakti sosial yang digelar selama tiga hari berturut-turut mulai tanggal 19 hingga 21 September 2022 ini, dilaksanakan bersamaan dengan siswa Satdik-1 Kodiklatal melaksanakan praktek lapangan . Adapun aksi yang dilakukan berupa memberikan bantuan karpet masjid, pembersihan dan perbaikan seluruh areal Masjid At Thoriq seperti pemasangan keramik, pengecatan dinding, perbaikan atap, hingga semenisasi di areal masjid.

Komandan Satdik-1 Kodiklatal Tanjung Uban, Kolonel Laut (P) Selamet Nurdiharto, dalam acara penutupan baksos menyampaikan jika bakti sosial yang diselenggarakan siswa Satdik-1 Kodiklatal Tanjung Uban adalah wujud kepedulian TNI AL kepada masyarakat, serta sebagai pembelajaran dan bekal bagi siswa dalam pengabdiannya kepada masyarakat dan negara.

Baca juga ; Dukung dan Samakan Persepsi Tentang Naskah Dinas, Tim Supervisi Setum Polda Jatim Kunjungi Polres Madiun Kota

Sementara itu selain pembersihan dan perbaikan masjid, Satdik-1 Kodiklatal Tanjung Uban juga menggelar pengobatan gratis dan vaksinasi Covid-19 untuk warga sekitar. ” Adanya baksos diharapkan mampu meringankan beban masyarakat dampak dari pandemi Covid-19, serta dapat membantu masyarakat yang membutuhkan pengobatan secara gratis, serta perbaikan fasilitas masjid agar lebih layak untuk dimanfaatkan,” ujar Kolonel Slamet Nurdiharto di sela kegaitan.

Lebih lanjut Ia mengatakan, bagi siswa Satdik-1 kegiatan ini harus dijadikan modal dan pegangan dalam penugasan nantinya karena menjadi prajurit harus memegang kemanunggalan TNI dan rakyat. Disamping itu juga sesuai dengan arahan Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono,tentang eksistensi siswa Kodiklatal setelah berdinas nanti yang selaras dengan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yakni jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat , bangsa dan negara. (Arifin)

Demikian Berita Dinas Penerangan Kodiklatal

Leave a Reply

Your email address will not be published.