Pekan Orientasi dan Masa Basis SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur Tahun 2022 mulai digelar

Kediri ( cokronews.com )— Masa Basis SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur Tahun 2022 bagi para taruna baru dilaksanakan mulai hari Sabtu 16 Juli 2022 hingga tiga bulan ke depan. Kegiatan ini diawali dengan lapor datang masuk asrama untuk taruna kelas X mulai pukul 18.00—12.00 WIB.

Para taruna berasal dari seluruh daerah di Indonesia ini mulai berdatangan ke sekolah dengan membawa segala perlengkapan yang telah ditentukan sekolah.

Eko Agus Suwandi, S.Pd. M.M. selaku Kepala SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur mengatakan masa Basis Taruna Baru ini akan menargetkan suksesnya pendidikan karakter mental siswa sebagai kader pemimpin bangsa berkualitas dan berkarakter yang berwawasan kebangsaan, kejuangan, dan kebudayaan, dengan bercirikan kenusantaraan serta memiliki daya saing global.

Taruna Taruni SMA 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur Tahun ajaran 2022

“Tahun pelajaran 2022/2023 ini, taruna baru yang melaksanakan masa basis sebanyak 261, terdiri dari 165 taruna dan 96 taruni. Kegiatan masa basis diawali dengan Pekan Orientasi Taruna Baru dengan tujuan mengenalkan tradisi dan berbagai hal tentang sekolah taruna. Materi-materi yang diberikan adalah Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Urusan Dalam Siswa (PUDS), Bela Negara, Visi Misi Sekolah, Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Asrama, Kurikukulum Merdeka, Public Speaking, Character Building, Penyuluhan Kesehatan, Organisasi dan Ekstrakurikuler,” ucap Eko Agus Suwandi, S.Pd. M.M.

Taruna Taruni SMA 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur Tahun ajaran 2022 bersiap menjalankan Basis jauh dari keluarga tidak seperti biasanya

Dikatakannya pemateri kegiatan tersebut berasal dari internal maupun unsur eksternal sekolah. Seperti materi bela negara hari ini, materi disampaikan langsung oleh Letjend TNI AD (Purn) Yoedhi Dr. Swastanto, M.B.A. dan Letjend.TNI AD (Purn) Yoedhi Swastomo yang terkenal dengan jenderal kembar.

Letjend TNI AD (Purn) Yoedhi Dr. Swastanto, M.B.A. dan Letjend.TNI AD (Purn) Yoedhi Swastomo menyampaikan materi bela negara selama kurang lebih tiga jam.

“Pentingnya cinta tanah air dan generasi sekarang Taruna Taruni SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur ini kelak yang akan meneruskan estafet kepemimpinan bangsa.” jelas Letjend. TNI AD (Purn) Yoedhi Dr. Swastanto, M.B.A.

Perlu diinformasikan selama sepekan, taruna baru diberikan bekal dan kegiatan menarik, baik melalui ceramah, diskusi, penerapan lapangan, dan presentasi. Selesai menjalani Pekan Orientasi Taruna Baru, para taruna melanjutkan kegiatan masa basis hingga tiga bulan.

“Diharapkan karakter dan mental jasmani para taruna terbentuk melalui rangkaian kegiatan ini untuk mewujudkan visi sekolah dalam mencetak kader pemimpin bangsa yang berakhlak mulia, cerdas, dan berintegritas tinggi,” pungkas Eko Agus Suwandi selaku kepala sekolah.( Kris)

Leave a Reply

Your email address will not be published.