Jaga Mental dan Psikis Prajurit, KRI Diponegoro-365 Laksanakan Outbound

Lebanon (cokronews.com) —— Guna menjaga kesehatan mental dan psikis prajurit di daerah misi, KRI Diponegoro-365 yang tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-O/UNIFIL melaksanakan kegiatan Outbound bertempat di Dermaga Beirut, Lebanon, Selasa (23/4/2024).

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bertugas di kapal perang identik dengan kondisi Isolated, Confined and Extreme (ICE) dimana sangat berpengaruh terhadap kondisi prajurit pengawak dalam menjalankan suatu tugas. Oleh karena itu, tugas dari Perwira Psikologi, Lettu Laut (KH) Reza Ryandika, S.Psi sebagai Reinforcement Psikologis memimpin secara langsung kegiatan outbound yang meliputi beberapa materi yaitu penyamaan persepsi, kepemimpinan, komunikasi efektif, solidaritas, problem solving dan kerjasama antar prajurit.

Komandan KRI Diponegoro-365, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, S.E., D.W.C., menjelaskan pula bahwa kegiatan ini bertujuan agar para prajurit mampu mengatasi fatigue seafarer saat melakukan penugasan di kapal dan meningkatkan rasa percaya diri, komunikasi yang baik dalam berkoordinasi antar prajurit serta menimbulkan rasa saling peduli antar sesama untuk membentuk soliditas dan solidaritas tim. (Arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *