Pemerintah Serahkan Santunan Jaminan Kematian Kepada Ahli Waris

Kediri (cokronews.com) —— Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Sekretaris Daerah Mohamad Solikin bersama BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan santunan jaminan kematian (JKM) kepada Keluarga Almarhum Bapak Subur, beralamat di Desa Turus, Kecamatan Gampengrejo (29/01).

Alm. Bapak Subur ini kesehariannya bekerja sebagai petani tembakau yang masuk kategori pekerja rentan. Sebagai petani tembakau pekerjaannya tersebut dilindungi oleh Pemerintah Kabupaten Kediri melalui anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBCHT).

Dijelaskan oleh Imam haryono Safii Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kediri, bahwa Alm. meninggal pada tanggal 26 Desember 2023 lalu oleh karena itu beliau mendapatkan hak santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan sebesar 42 juta.

“Dan pada hari ini, baru dapat kita realisasikan bersama pak sekda untuk penerimaan secara simbolis kepada ahli warisnya,” terangnya.

Imam Haryono Safii menambahkan, jumlah Pekerja rentan yang telah dilindungi dan dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Kediri saat ini sebanyak 3.700 jiwa.

“Orang masuk kategori pekerja rentan memiliki kriteria termasuk pekerja difabel, buruh tani, pekerja tembakau, pemungut sampah itulah beberapa kriteria pekerja rentan yang telah kita diskusikan dengan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Kediri,” tuturnya.

Ditemui usai penyerahan, Sekretaris Daerah Mohamad Solikin mengucapkan, kami atas nama pemerintah daerah Kabupaten Kediri hari ini telah merealisasikan dan menyerahkan santunan kepada keluarga alm. Bapak Subur, yang sehari-hari bekerja sebagai buruh petani tembakau.

“Sehingga pemerintah daerah yang telah memberikan jaminan kematian melalui BPJS ketenagakerjaan hari ini kita realisasikan kepada ahli waris,” terangnya.

“Harapan kita, santunan jaminan kematian tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh keluarga sebagai ahli waris,” harapnya.

Menurut Surati, alm. Subur merupakan tulang punggung keluarga, kami semua sangat terpukul ditinggal beliau.

“Beliau sangat pekerja keras, selain sebagai buruh petani tembakau juga memelihara ternak sapi tetangganya,” jelasnya.

“Alhamdulillah kami sekeluarga sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana yang sangat memperhatikan masyarakat kecil seperti kami ini,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *