Caraka Malam Wujud Nyata Asah Ketrampilan Peserta Diklat Bela Negara Membawa Rahasia Kode Negara Di Jelajah Lingkungan Sekitar Pusdiklat Bogor

Bogor ( cokronews.com ) —- Salah satu materi Diklat Bela Negara Bacth 1 Tahun 2024 oleh peserta adalah Caraka Malam yang dilakukan peserta turun menjelajah di lingkungan sekitar Pusdiklat Rumpin Bogor pada Rabu, 21 Februari 2024 mulai Pukul 20.00 malam hari.

Dipimpin langsung Kabid Opsdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan, Kolonel Mar Yudi Junaedi SE., giat Caraka Malam ini bertujuan untuk asah terampil peserta dalam melakukan tugas membawa misi mengamankan Arsip kode Negara di berbagai rintangan dalam bentuk kelompok.

” Giat Caraka Malam kali ini merupakan kegiatan dimana semua peserta dalam bemtuk kelompok kecil diberikan pesan oleh atasannya dan pesan tersebut harus tersampaikan kepada tujuan, seluruh isi berita┬ácaraka┬átersebut sangat rahasia dan tidak boleh dibocorkan kepada siapapun. Medan dan cuaca malam ini cukup menantang. Peserta harus dalam kondisi sehat dan prima,” ucap Kolonel Mar Yudi Junaedi, SE.

Dikatakannya peserta diberikan kode sandi yang wajib dijaganya dan melewati lima pos. Harapannya kekompakan, kecerdasan otak dan ketrampilan, dan komitmen menjaga rahasia negara tidak boleh sampai bocor di pos penjagaan.

Kelompok 4 Arjuna, dipimpin Ahmad Farid Alumni UPN Veteran Surabaya, Yusuf, Hary Wicaksono, Akhir Kristiono SH. Kediri, Bima Lampung, Ramses Bekasi dan peserta lainnya sangat menikmati giat Caraka Malam, meskipun dalam kelompoknya mengalami kebocoran rahasia negara di Pos 1 dan baju PDL dikenakan dengan dibalik.

” Mulai dari pos 1 sampai pos 5, dari pos 4 menuju pos 5 adalah medan yang menantang dan menarik. Karena dua kali kami harus kembali ke arah cahaya. Namun akhirnya kami menemukan tambang sebagai kode arah jalan dalam gelap gulita dan berhasil menggandeng kelompok lima Srikandi pimpinan Murni Jakarta Timur.” cerita Akhir Kristiono SH. FKBN Kediri Raya di Kediri pada Minggu, 25 Februari 2024.

Diharapkan dari giat Caraka Malam ini, semua peserta wajib mempertahankan kode rahasia negara meskipun banyak rintangan didalamnya. Kekompakan, asah kemampuan ketrampilan jelajah malam hari, cerdas dan komitmen menjaga kode rahasia akan diperhitungkan ketika berhadapan dengan lima penjagaan dan 23 personil pelatih.

” Nilai Dasar Bela Negara adalah cinta tanah air dan bangsa, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai Ideologi Negara, rela berkorban untuk bangsa dan Negara, dan kemampuan awal Bela Negara menjadi ilmu jelajah Caraka Malam yang kami dapatkan di tiap pos,” pungkas Akhir Kristiono SH. Alumni UPN Veteran Jakarta jurusan D3 Teknik Mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *