Wujud Cinta TNI AL Kepada Masyarakat, Siswa Kodiklatal Laksanakan Karya Bakti dan Donor Darah di WJY 2024

Makassar. (Cokronews.com) —– Sebagai wujud cinta TNI Angkatan Laut (TNI AL) kepada masyarakat, siswa Kodiklatal yang terdiri dari Pendidikan Pertama Perwira (Dikmapa) PK Angkatan 30, Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan 43 Gelombang 1 melaksanakan Karya Bakti dan Donor Darah, dalam rangka Latihan Praktek (Lattek) Pelayaran Gabungan Wira Jala Yudha (WJY) XXI/2024. Makassar, Kamis (18/01/2024).

Diawali olah raga bersama para siswa dengan Danlantamal VI Laksma TNI Ivan Gatot Priyanto dan personel Lantamal VI Makassar, Komandan Kodikdukum (Dankodikdukum) Kodiklatal Laksma TNI Dr. Taufik Arief selaku Dirlattek mengatakan bahwa, sekarang kita sudah di Mako Lantamal VI Makassar, dimana kemarin selama tiga hari di berada di KRI dan sekarang kita sekalian sudah berada di Bumi Angin Mamiri. Langkah pertama kalian di salah satu dari 14 Lantamal yang ada di TNI Angkatan Laut adalah Lantamal VI Makassar. Kalian harus bangga karena berada di tengah-tengah wilayah kedaulatan NKRI di perairan yang ada di sini.

Pada kesempatan ini, Dirlattek WJY XXI/2024 mengucapkan terima kasih kepada Komandan Lantamal VI beserta jajarannya yang telah menyambut dengan rasa bangga, semangat kepada para prajurit dan siswa yang melaksanakan Lattek Pelayaran Gabungan WJY yang nantinya akan berdinas, dimana akan melaksanakan Penutupan Pendidikan (Tupdik) Dikmapa PK TNI AL Angkatan 30 A pada tanggal 29 Januari 2024, sedangkan pada tanggal 8 Februari 2024 untuk Dikmaba selanjutnya Dikmata TNI Angkatan 43/1.

“Kepada para siswa, saya melihat bahwa sangat besarnya TNI Angkatan Laut ini dan kalian patut bangga. Kalian tidak salah masuk TNI Angkatan Laut, untuk itu bangunlah kebanggaan itu mulai dari sekarang. Sehingga saya ingin mengajak kalian bermimpilah yang besar di TNI Angkatan Laut. Mimpilah yang besar untuk TNI Angkatan Laut yang modern, profesional. Kalian nantinya akan mengawaki semuanya. Kita harapkan siswa-siswa TNI Angkatan Laut yang ada disini menjadi teladan yang nanti bisa menelurkan insan-insan Prajurit Jalasena Matra Laut yang kita cintai dan banggakan”, tegasnya.

Adapun beberapa kegiatan selama di Makassar antara lain, Karya Bhakti di Monumen MNEX oleh 100 orang siswa, Karya Bhakti, Tour Facility dan olah raga bersama di Lantamal VI oleh 549 orang siswa, Donor Darah oleh 400 orang siswa, Promosi rekrutmen TNI AL di SMAN 8 Makasar dan SMA Hang Tuah Makassar oleh 25 orang siswa. Selain itu, para siswa juga melaksanakan latihan seperti Praktek Jaga Darat, Pelajaran dan Bimsuh sesuai Pusdik masing-masing, Yanus Karate, Malam Prajurit yang menampilkan kesenian siswa dari masing-masing Kodik.
Satgas Pelayaran Gabungan WJY XXI/2024 yang saat ini berada di Makassar, on board KRI SBY-591 terdiri dari 38 orang Staflat dan 663 orang siswa. Sedangkan on board KRI SHS-990 terdiri dari 42 orang Staflat dan 555 orang siswa. (Arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *