Tingkatkan Nasionalisme Lewat Tabur Bunga, Cara Pemkot Kediri Peringati HARKITNAS 2024

Kediri (cokronews.com) —Tanggal 20 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS). Momen ini menandai dari awalnya bangkitnya kesadaran nasional dan semangat perjuangan untuk membebaskan diri dari penjajah. Memperingati hal tersebut, Bakesbangpol Pemerintah Kota Kediri laksanakan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kota Kediri, Senin (20/5).

Melibatkan pemuda-pemudi purna Paskibraka Kota Kediri, agenda ini membawa misi untuk membangkitkan jiwa nasionalisme para generasi penerus bangsa dengan mengingat jasa pahlawan terdahulu dan meneladani sepak terjangnya.

“Selain sebagai upaya untuk meningkatkan rasa nasionalisme, kegiatan tabur bunga ini juga sekaligus mendoakan para pahlawan-pahlawan terdahulu yang telah berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan NKRI,”ucap Tanto Wijohari, Plt. Bakesbangpol Kota Kediri.
Ia juga berharap para pemuda/i bangsa tetap harus waspada supaya tidak tergerus arus globalisasi bangsa, sehingga membuatnya lupa akan sepak terjang perjuangan kemerdekaan bangsa.

Pihaknya menambahkan bahwa kegiatan ini juga sebagai wujud komitmen Pemerintah Kota Kediri untuk memacu rasa nasionalisme dan patriotisme masyarakat Kota Kediri.
Disamping itu, selain diikuti oleh purna Paskibraka Kota Kediri, kegiatan ini juga melibatkan unsur masyarakat yakni Jejaring Panca Mandala (JPM) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK).

“Kita tidak boleh lupa dengan sejarah, sejarah telah membentuk identitas negara kita menjadi negara yang demokratis, dimana saat ini kita bisa merasakan kemerdekaan hasil perjuangan pahlawan-pahlawan bangsa terdahulu,”terangnya.

“Jadi sudah sepatutnya kita mengenang dan menghargai jasa para pahlawan pendahulu dengan meneladani perjuangan-perjuangan mereka,”imbuh dia.
Perlu diketahui, peringatan Harkitnas ini dilatarbelakangi dari berdirinya organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908 silam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *