Tingkatkan Ketahanan Fisik, Dansatkopaska Koarmada II dan Prajuritnya Ikuti Renang Selat Madura

Surabaya. (Cokronews.com) —– Sebagai pasukan khusus TNI AL, prajurit Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada II diwajibkan menjaga performa mereka dengan melaksanakan latihan secara disiplin dan rutin. Untuk itulah para prajurit tangguh tersebut melaksanakan latihan renang melintasi Selat Madura, Selasa (23/1).

Komandan Satuan Komando Pasukan Katak (Dansatkopaska) Koarmada II Kolonel Laut (P) Sadarianto, S.T., M.Han., beserta 88 prajurit turut mengikuti renang Selat Madura, sebelum para prajurit menceburkan diri ke laut, lebih dulu mereka mendapat pengarahan dari Dansatkopaska Koarmada II dilanjutkan dengan melaksanakan pemanasan.

“Kegiatan rutin ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih dan memelihara kemampuan prajurit Detasemen Kopaska sebagai perenang tempur yang siap melaksanakan tugas-tugas, baik di darat, udara, dan khususnya di laut, ” tegas Dansatkopaska Koarmada II.

Sebagai alat bantu mereka mengunakan fin dan masker. Selain jarak tempuh yang lumayan jauh, tantangan peserta dalam renang melintasi Selat Madura ini adalah arus laut yang cukup kuat dan mewaspadai sengatan ubur-ubur, serta benang laut. Renang Selat Madura dimulai dari Dermaga di Madura dan finish di Dermaga Kolam Basin depan Mako Satkopaska Koarmada II.

“Latihan yang dilaksanakan saat ini sesuai dengan perintah Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Denih Hedrata, S.E., M.M., agar Satkopaska Koarmada II sebagai salah satu Satuan elite di TNI AL, wajib menjaga sekaligus meningkatkan profesionalisme serta naluri tempurnya, sebagai modal keberhasilan dalam melaksanakan tugas,” pungkasnya.(Arifin / Pen2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *