Tingkatkan Efektifitas Pelayanan SP4N Lapor, Diskominfo Sidoarjo Berhasil Tuntaskan 25 Pelaporan

Sidoarjo (cokronews.com) —– Laporan bulanan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N – LAPOR!) oleh Diskominfo Sidoarjo berhasil mencapai tingkat penyelesaian yang tinggi.

Terhitung pada bulan Maret 2024, sebanyak 34 laporan masuk pada Kabupaten Sidoarjo. Diantaranya terdapat 25 laporan sudah di respon, dan 8 laporan sedang diproses. Sementara itu, hanya terdapat 1 laporan yang belum direspon, Kamis (04/4). Pada periode bulan ini, laporan masuk juga terhitung menurun.

Berdasarkan data statistik, ditunjukkan bahwa kategori laporan terdiri dari berbagai pengaduan pada fasilitas dan layanan. Kategori pengaduan paling banyak terdapat pada jalan lubang sebanyak 10 laporan.

Disusul oleh masalah TL dan layanan administrasi sebanyak 3 laporan. Klasifikasi jenis laporan juga menunjukkan pengaduan berkadar pengawasan menjadi kategori tertinggi dengan jumlah 25 laporan.

Pengaduan tersebut terdapat pada tiga platform, diantaranya website (21 laporan), android (11 laporan), dan Facebook (2 laporan). Dalam periode bulan Maret 2024, jumlah laporan masuk juga didominasi oleh pelapor berusia 20 – 34 tahun dengan jumlah 14 orang.

Kendati laporan dengan pengaduan yang beragam, Diskominfo Sidoarjo menuai capaian dalam menuntaskan sebagian besar jumlah pengaduan. Hal ini menunjukkan bahwa efektifitas pelayanan S4AN Lapor terus dievaluasi dan ditingkatkan.(DW/kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *