Tiga Pilar Kecamatan Kras Bentuk Forum Kerukunan Antar Perguruan Silat

Kediri. (Cokronews.com) – Bertempat di pendopo pertemuan kantor Camat Kras, telah dilangsungkan kegiatan rapat koordinasi pembentukan forum kerukunan antar perguruan silat di wilayah Kecamatan Kras, Kamis (18/1/2023).

Kapolsek Kras AKP I Nyoman Sugita, SE MSi didampingi sejumlah anggota turut berpartisipasi dalam kegiatan yang dimulai pukul 08.30 WIB tersebut.

Tak hanya hadir, kedatangan pihak Kepolisian juga untuk melakukan pengamanan dan pengawasan terhadap jalannya serangkaian acara. Mengingat bahwa perguruan silat merupakan topik yang sensitif saat ini.

Turut hadir Danramil Kras Kapten Arh. Ajir, Camat Kras Drs. Agoeng Noegroho, MM, Kades se-Kecamatan Kras, perwakilan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kras.

Serta Ketua berikut pengurus masing-masing perguruan silat yang ada di wilayah Kecamatan Kras diantaranya PSNU Pagar Nusa, IKSPI Kera Sakti, Tapak Suci, dan Setia Hati Terate (PSHT).

Kapolsek menuturkan bahwa maksud dan tujuan dibentuknya forum kerukunan pada kegiatan pagi itu yakni untuk meminimalisir munculnya perselisihan antar perguruan silat yang belakangan marak terjadi di Kediri dan sekitarnya.

BACA JUGA ; Buka Rapim Kemhan 2023, Presiden : Informasi Intelijen Kunci Hadapi Instabilitas Global

“Ini merupakan sarana komunikasi demi membangun rasa persahabatan dan persaudaraan antar perguruan silat sehingga gesekan, pertikaian dan perkelahian antar anggota perguruan bisa dicegah dan dihindari sedini mungkin,” ucap Kapolsek dalam sambutannya.

Ia berharap seluruh perguruan silat di wilayah hukum Polsek Kras dapat berkomitmen untuk bersatu dan membantu pemerintah mewujudkan keamanan dan kerukunan dalam masyarakat.

Selanjutnya, seluruh pihak terkait melakukan penandatanganan surat kesepakatan bersama sebagai salah satu syarat wajib pembentukan forum. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung santai tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *