Siap Mengabdi Pada Ibu Pertiwi, 389 Prajurit Bintara TNI AL Kodikdukum Angkatan 43/1 Resmi Tupdik

Surabaya (cokronews.com) —– Komandan Kodikdukum (Dankodikdukum) Kodiklatal Laksma TNI Dr. Taufik Arief resmi menutup Program Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Angkatan 43/1 TNI Angkatan Laut TA 2023 Tahap Dasar Golongan Lanjutan yang siap mengabdi kepada Ibu Pertiwi, bertempat di Lapangan Apel Mako Kodikdukum Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Selasa (06/02/2024).

Dihadapan 389 Bintara TNI AL yang terdiri dari Pusdiktek : 70 orang, Pusdiklek : 136 orang, Pusdikbanmin : 108 orang, Pusdikpom : 35 orang, Pusdikkes : 40 orang, Dankodikdukum mengatakan bahwa, sosok Bintara Remaja adalah sebagai tulang punggung kesatuan, selaku penghubung dan pelaksana tugas sehari-hari dalam kedinasan. Maka dari itu, upaya-upaya untuk membekali diri tidak hanya pada pendidikan dan pelatihan di lembaga pendidikan saja, akan tetapi harus terus merasa haus akan ilmu pengetahuan, informasi dan teknologi yang berkembang dengan dangat dinamis.

“Saya sangat menyadari, untuk menjadi seorang Bintara TNI AL yang cakap dan profesional, tidaklah cukup dengan hanya mengenyam pendidikan baik secara teori maupun praktek di lembaga pendidikan ini saja, karena ilmu pengetahuan dan keterampilan yang kalian terima tersebut, disamping dituntut pemahaman dan penghayatan juga diperlukan penerapan, pengembangan serta penjabaran sesuai dengan tugas yang akan kalian hadapi”, jelas Laksma Taufik dalam amanatnya.

Oleh sebab itu Dankodikdukkum berharap agar mereka dapat meningkatkan ilmu pengetahuan, serta tanggap mengikuti perkembangan informasi dan teknologi yang terjadi saat ini. Selain itu juga memelihara kesamaptaan jasmani dan jaga kepribadian agar tidak ada keraguan serta salah langkah dalam melaksanakan tugas kedinasan nantinya.

Dankodikdukum juga memberikan beberapa penekanan; agar para Bintara Remaja melaksanakan setiap tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dalam pengabdian di TNI AL. Meningkatkan dan mengembangkan terus ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal dalam kedinasan. Mengaplikasikan teori dan praktek yang diterima dalam penugasan serta meningkatkan kemampuan diri dengan terus belajar dan berlatih. Menghayati dan mengamalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI AL. Dan menghindari segala bentuk pelanggaran, bijak dalam bermedsos serta mengutamakan prinsip zerro accident dalam setiap pelaksanaan tugas dan aktivitas.

Dalam kesempatan tersebut, Laksma Taufik pun memberikan penghargaan sebagai Siswa Terbaik kepada lima orang Bintara Kodikdukum, yakni Siswa Terbaik Pusdiktek kepada Serda Mes Ridho Eka Setiawan, Siswa Terbaik Pusdiklek kepada Serda PDK Muhammad Rafy Ashabri, Siswa Terbaik Pusdikbanmin kepada Serda Jas Adi Riko Setiawan, Siswa Terbaik Pusdikkes kepada Serda Apm Remondo Simatupang, dan Siswa Terbaik Pusdikpomal kepada Serda Pom Andi Abriyanto Moamar Kadafi. (Arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *