Siap Awaki Organisasi TNI Angkatan Laut, Dikmapa PK 30 A Kodikdukum Tutup Pendidikan

Surabaya (cokronews.com) —– Komandan Kodikdukum (Dankodikdukum) Kodiklatal Laksma TNI Dr. Taufik Arief memimpin Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Perwira (Dikmapa) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan 30 A, Korps Teknik, Hukum, Khusus dan Kesehatan yang siap mengawaki organisasi di TNI AL, bertempat di Loungeroom Mako Kodikdukum Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Jumat (26/01/2024).

Adapun 98 Siswa Dikmapa PK 30 Kodikdukum meliputi, Korps Teknik : 14 orang, Korps Hukum 17 orang, Korps Khusus : 63 orang, dan Korps Kesehatan : 4 orang, dengan Lulusan Terbaik dari Korps Teknik diraih Letda Laut (T) Argyantara Gigih Pradana, Korps Khusus diraih Letda Laut (KH/W) Yesi Oktasari, Korps Hukum diraih Letda Laut (H) Muhammad Sony Surya Wijaya dan Korps Kesehatan diraih Letda Laut (K) Muhammad Fajarrudin.

Dankodikdukum dalam amanatnya menyampaikan bahwa, amalkan dan kembangkan ilmu yang telah kalian terima di tempat bekerja nanti, karena para Perwira dituntut selalu adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga kalian mampu memberikan kontribusi positif dalam pencapaian tugas-tugas organisasi dimana ditempatkan, sesuai dengan apa yang telah didapatkan selama mengikuti pendidikan di Kodiklatal.

Lebih lanjut, Pati Bintang Satu di Jajaran Kodikdukum ini berharap untuk Korps Teknik, harus memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis di bidang teknik mesin sehingga dapat melaksanakan tugas sebagai Kepala Divisi Departemen Permesinan di KRI atau Jabatan lain yang setingkat di Pendirat.

Sedangkan untuk Korps Hukum, diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis di Bidang Hukum dan Perundang-Undangan agar dapat menyelesaikan perkara tindak pidana tertentu di laut, menerapkan hukum di daerah operasi militer, memberikan pertimbangan dan saran hukum, memberikan bantuan hukum dan advokasi, menyusun konsep, Perundang-undangan, perjanjian dan kontrak serta melaksanakan penyuluhan hukum.

Sementara itu, kepada Perwira Korps Khusus, diharapakan para Perwira mempunyai pengetahuan dan keterampilan teknis di bidang manajemen personel, administrasi, perawatan dan pemisahan personel serta bidang lain sesuai penempatan kalian nantinya.

Untuk Korps Kesehatan sendiri diharapkan mempunyai pengetahuan dan keterampilan teknis dibidang kesehatan, sehingga dapat melaksanakan dukungan, pelayanan kesehatan dan pertolongan dasar (Basic Trauma Life Support), serta kesehatan umum sesuai prosedur dengan baik dan benar.

“Saya yakin dengan tekad yang tinggi untuk maju dan berbekal pengetahuan yang cukup, maka kalian akan dapat menjalankan tugas ini dengan baik sebagai Perwira TNI AL yang profesional, modern dan berani, serta memiliki etika moral yang sesuai dengan nilai-nilai kepemimpinan, keteladanan yang berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Trisila TNI AL”, pesan Laksma Taufik. (Arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *