Selain Padamkan Api, Evakuasi Hewan Berbahaya Ditangani Damkar

Sidoarjo ( cokronews.com ) —- Seekor ular sanca dievakuasi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo dari rumah warga di Tawangsari, Taman, Sidoarjo. Warga merasa khawatir atas kemunculan ular itu. “Betul, evakuasi dilakukan jam 2 dini hari tadi. Ular jenis sanca, panjang kurang lebih 50 cm,” kata Ketua Pelaksana BPBD Posko Damkar Krian, Fajar Gozali saat dimintai konfirmasi pada Jum’at (23/2/2024).

Fajar mengatakan ular tersebut dievakuasi petugas dari selokan yang berada di samping rumah warga. Ular muncul persis di sebelah tiang jemuran baju ditambah juga anjing milik warga yang menggonggong. “Penyebab laporan, karena keberadaan ular meresahkan dan khawatir membahayakan keselamatan warga dan hewan peliharaan lain,” imbuh Fajar.

Fajar menyebut ular dievakuasi menggunakan alat-alat khusus oleh tim reaksi cepat BPBD Posko Damkar Krian. Ular tersebut dibawa ke markas BPBD Bogor untuk sementara. “Ular kemudian kita bawa ke mako, selanjutnya kita akan koordinasi dengan pihak terkait seperti pecinta hewan reptil atau lembaga lainnya untuk penanganan lanjutan,” jelas Fajar.

Sementara itu, Retno, petugas Call Center 112 membenarkan laporan tersebut. Laporan berasal dari warga Taman, melalui panggilan 112 bebas pulsa. “Untuk evakuasi hewan yang sering dilaporkan adalah tawon dan ular“, jelas Retno.

Untuk penanganan kejadian gawat darurat agar cepat ditangani, segera laporkan dengan telepon ke 112. Layanan call center 112 Sidoarjo gratis untuk Sidoarjo gemilang. (DW/Kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *