Rencana Operasional Bandara Dhoho Kediri Masih Belum Jelas

Kediri (cokronews.com) — Beberapa hari lalu, Khofifah Indar Parawansa menyebut jika Bandara Internasional Dhoho Kediri akan segera beroperasi. Bahkan, mantan Gubernur Jatim itu menyebut jika bandara akan beroperasi pada pertengahan bulan Ramadan.

Hal itu disampaikan oleh Khofifah melalui akun media social (medsos) pribadinya. Hanya saja, kepastian rencana operasional itu belum kunjung ada kejelasan. Pasalnya, hingga kemarin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri menyebut jika jadwal beroperasinya bandara masih belum diketahui.

“Sampai saat ini masih belum diketahui,” terang Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Kediri Sukadi.

Dari informasi yang dihimpun koran ini, Khofifah menyampaikan kabar tersebut melalui Instagram dan Facebook. Disebutkan jika bandara sudah mendapat izin operasional dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Oleh sebab itu, pada pertengahan bulan ramadan, bandara akan beroperasi.

Selain itu, Khofifah juga menyebutkan beberapa rute penerbangan dari Bandara Kediri. Mulai dari Kediri-Jakarta, Kediri-Makassar, Kediri-Bali, Kediri-Palembang, Kediri-Banjarmasin, dan Kediri-Balikpapan.

Selain menjelaskan hal itu, Khofifah juga menjelaskan Bandara Kediri yang tak hanya melayani penerbangan lokal. Namun juga internasional. Dengan nantinya penerbangan tersebut akan digunakan untuk jemaah umroh dan haji.

Terkait hal itu, Sukadi belum bisa membenarkan. Hingga kemarin (13/3/2024), Pemkab Kediri masih terus berkoordinasi dengan PT Surya Dhoho Investama (SDhI) dan Angkasa Pura (AP) I.

“Rencananya hari ini (kemarin, Red) kami akan melakukan rapat terkait hal tersebut,” ucap pria yang berdomisili di Kecamatan Gampengrejo ini.

Meski belum beroperasi secara penuh, Sukadi menyebut jika bandara sudah siap. Bahkan sejak awal Februari lalu, bandara sudah dibuka untuk umum. Meski dibuka, bandara belum melayani penerbangan. Di dalam bandara pun hanya tersedia beberapa stan UMKM dari produk-produk lokal.

“Semoga saja semuanya lancar dan bandara dapat segera beroperasi dalam waktu dekat,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *