Pemkab Ponorogo Serahkan Bantuan Bedah Rumah pada Warga Kecamatan Balong

Pasuruan (cokronews.com) —– Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, mengunjungi Desa Pandak Kecamatan Balong begitu mengetahui rumah salah seorang warga, Sujarno, roboh akibat guyuran air hujan deras. Pada kunjungannya, Bupati Sugiri mengajak serta mengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Ponorogo, agar Sujarno langsung mendapat bantuan tunai Rp 20 juta untuk membedah rumahnya yang rata dengan tanah.

‘’Ini bentuk kerja cepat Pemkab Ponorogo dan BAZNAS. Harus gercep (gerak cepat) kalau ada masyarakat yang membutuhkan bantuan segera,’’ katanya, melalui rilis humas Pemkab Ponorogo, Kamis (11/1/2024).

Pada kesempatan ini, Kang Bupati, sapaanya, juga menyarankan masyarakat bergotong royong membangun rumah Sujarno agar proses bedah rumah itu ringan di ongkos.

Sujarno pun tampak berkaca-kaca tatkala menerima bantuan tunai dari tangan Kang Bupati. Bagian belakang rumah laki-laki paro baya yang roboh itu sudah lapuk dimakan umur. Apalagi, struktur bangunan didominasi kayu. Air hujan yang turun deras seolah tanpa henti, pada Sabtu (6/1/2024) tengah malam, yang meluluhlantakkan rumah Sujarno. ‘’Saya sudah tidur waktu itu, kaget setengah mati,’’ ungkap Sujarno.

Ketua Baznas Ponorogo, Kholid Ali Husni, menyampaikan, bahwa BAZNAS sudah menyalurkan bantuan kepada 50 bedah rumah sepanjang 2023 lalu. Pada awal 2024 ini, rumah Sujarno kali pertama yang menerima bantuan bedah rumah. ‘’Kami berkolaborasi dengan Pemkab Ponorogo dalam penyaluran bantuan,’’ terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *