Pemkab Lumajang Tetap Komitmen Atasi Tantangan Infrastruktur Demi Kemudahan Masyarakat

Lumajang (cokronews.com) —– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menegaskan komitmennya untuk mengatasi tantangan pembangunan infrastruktur, meskipun dihadapkan pada keterbatasan anggaran. Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, mengungkapkan solusi inovatif dengan menjalin kerja sama yang erat dengan badan usaha, membuka akses permodalan dari pihak swasta.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) dalam acara Sosialisasi Kerja Sama antara Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) bersama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII), bertempat di Aula Kantor BPKD Kabupayten Lumajang, Senin (12/2/2024).

Yuyun juga menyebut, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lumajang hanya mencapai 16 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Ketergantungan yang tinggi pada dana transfer pusat membuat Pemkab Lumajang terbatas dalam melakukan pembangunan. Oleh karena itu, menjalin kerjasama dengan badan usaha menjadi solusi yang efektif.

“Pembangunan tidak hanya dapat bergantung pada pendanaan APBD. Salah satu cara adalah dengan bekerja sama dengan swasta, seperti melalui KPBU. Selama ada timbal balik yang menguntungkan, kita dapat menjalin kerjasama dalam berbagai sektor seperti PJU, PDAM, atau RSUD,” ujarnya.

Lebih lanjut, Indah Wahyuni menegaskan, pemerintah memiliki kewajiban untuk menyediakan infrastruktur yang memadai. Keberadaan infrastruktur yang baik diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi investor, mendorong pertumbuhan ekonomi di tingkat nasional maupun daerah, dan mengurangi angka pengangguran. Pembangunan infrastruktur, baik ekonomi, sosial, maupun lingkungan, menjadi prioritas Pemkab Lumajang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Komitmen dan perhatian pemerintah daerah dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur, termasuk ekonomi, sosial, dan lingkungan, masih menjadi pekerjaan rumah yang harus terus dikejar di Kabupaten Lumajang,” katanya.

Terkait pembiayaan pembangunan infrastruktur, Pj. Bupati Lumajang menekankan pentingnya kolaborasi dan inovasi. Meskipun pemenuhannya dilakukan secara bertahap, banyak peluang pembiayaan yang dapat dijajaki, termasuk skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Dalam kerjasama tersebut, Pemkab Lumajang berharap agar PT PII dapat memberikan kontribusi positif, termasuk dalam Corporate Social Responsibility (CSR), yang dapat mendukung pengembangan sektor pariwisata di Lumajang.

“Dengan kerja sama yang dibangun, saya berharap selain terkait proses pembangunan, PT PII juga dapat memberikan kontribusi melalui CSR, terutama mengingat potensi pariwisata yang sangat luar biasa di Lumajang. Ini akan meningkatkan gerak ekonomi di daerah kita,” pungkasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *