Pastikan Kondisi Kesehatan Prajurit, Lanal Banyuwangi Gelar Uji Pemeriksaan Kesehatan

Banyuwangi. (Cokronews.com) – Dalam rangka untuk mengetahui kondisi kesehatan setiap personel, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi melaksanakan Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikkes) rutin yang dilaksanakan di Balai Pengobatan (BP) Lanal Banyuwangi Jl. Raya Situbondo No. 54 Ketapang Banyuwangi, Rabu (10/5/2023).

Urikkes rutin diselenggarakan oleh tim dari Dinas Kesehatan (Diskes) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V dipimpin Mayor Laut (K/W) Sri Purwati Puji L., S.Keb., Bd., beserta 10 personel yang didukung oleh Balai Pengobatan (BP) Lanal Banyuwangi, Urikkes ini dilaksanakan secara bertahap selama 2 hari dengan jumlah peserta 194 personel.

Dalam keterangannya Pjs. Kepala BP Lanal Banyuwangi Lettu Laut (K) dr. Dewa Nyoman Putra S, menyampaikan bahwa BP Lanal Banyuwangi mendukung Urikkes mobile yang diselenggarakan Diskes Lantamal V di Lanal Banyuwangi, seluruh Prajurit dan PNS Lanal Banyuwangi wajib mengikutinya karena ingin mengetahui dan mendeteksi dini kondisi kesehatan prajurit dan PNS Lanal Banyuwangi.

Sementara Katim Urikkes Diskes Lantamal V Mayor Laut (K/W) Sri Purwati Puji L., S.Keb., Bd.,menambahkan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakan Urikkes tersebut untuk mengetahui adanya kelainan atau penyakit sehingga bisa dilaksanakan perawatan atau pengobatan secara dini.

Menurutnya Urikkes ini merupakan program dari Diskesal untuk memudahkan para anggota terutama di Lanal-Lanal di bawah jajaran Lantamal V yang pelaksanaannya oleh Diskes Lantamal V, diharapkan anggota Lanal Banyuwangi memanfaatkan waktunya dalam mengikuti urikkes tersebut. Karena sudah diberikan fasilitas oleh Diskes Lantamal V sehingga bisa menghemat biaya, waktu dan tenaga sehingga cukup melaksanakan urikkes di BP Lanal Banyuwangi.

Adapun tahapan dalam Urikkes meliputi test darah, test urine, test pengukuran tensi badan, pemeriksaan telinga, hidung dan tenggorokan (THT), pemeriksaan gigi, pemeriksaan mata, pemeriksaan jantung (EKG) dan rongent.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *