Pangkoarmada II Lepas Keberangkatan KRI SIM-367 Ikuti Latma Milan 2024

Surabaya (cokronews.com) —— Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP., melepas keberangkatan KRI Sultan Iskandar Muda-367 (KRI SIM-367) dalam rangka mengikuti Latihan Bersama (Latma) Multilateral Naval Exercise Milan Tahun 2024 yang akan diselenggarakan di Visakhapatnam India, bertempat di Dermaga Madura Koarmada II Ujung Surabaya, Rabu (7/2).

Latihan yang dilaksanakan tersebut merupakan latihan yang menitikberatkan pada materi keamanan maritim atau maritime security dan kemampuan peperangan laut atau naval warfare capability baik saat harbour phase maupun sea phase.

Kegiatan yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali ini, diselenggarakan oleh Indian Navy. Dalam Satgas tersebut, TNI AL mengerahkan KRI Sultan Iskandar Muda-367 dan Helikopter Panther HS-1303. Dibawah pimpinan Komandan KRI SIM-367 Letkol Laut (P) Mochamad Fuad Hasan, S.E., MMDS., akan membawa personel sebanyak 155 orang.

Latihan ini akan melibatkan 47 Friendly Foreign Countries (FFC), 19 kapal permukaan dan 1 Maritime Patrol Aircraft (MPA). KRI SIM-367 akan melaksanakan harbour phase pada tanggal 19 s.d. 23 Februari 2024, dilanjutkan dengan tahap Sea Phase di Perairan Teluk Benggala selama empat hari pada tanggal 24 s.d. 27 Februari 2024.

Melalui sambutannya, Pangkoarmada II menyampaikan bahwa keikutsertaan TNI Angkatan Laut dalam latihan bersama ini merupakan salah satu upaya untuk berpartisipasi dalam rangka meningkatkan kerja sama di bidang latihan militer dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik.

Lebih lanjut, Pangkoarmada II berpesan kepada seluruh prajurit agar selalu menunjukkan profesionalisme yang tinggi dan prajurit jalasena yang berkualitas, serta memiliki kemampuan untuk dapat bekerja sama dengan Angkatan Laut dari negara-negara lain. (Arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *