Pangkoarmada II Hadiri Upacara Pembukaan Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan Ke-62 TA 2024

Jakarta (cokronews.com) —– Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., menghadiri upacara pembukaan Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-62 tahun 2024, di pimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali , S.E., M.M., M.Tr.Opsla., di Auditorium Yos Soedarso, Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut,┬áCipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Senin (5/1).

Pendidikan Sesko Angkatan merupakan momen perubahan yang sangat penting dalam perjalanan karir seorang perwira. Penguasaan tataran teknis dan taktis yang dimiliki adalah perjalanan karir yang sebelumnya akan dikembangkan dengan peningkatan kemampuan pada tingkatan yang lebih tinggi yaitu level operasional dan strategis. Sehingga diperlukan perubahan mindset para perwira siswa untuk mampu berpikir global, holistik, integratif dan memiliki visi yang jauh ke depan.

Dikreg Seskoal Angkatan ke-62 tahun 2024 tersebut diikuti sebanyak 183 Perwira Menengah (Pamen) antara lain 161 Perwira Siswa (Pasis) TNI Angkatan Laut yang terdiri dari 51 Korps Pelaut, 27 Korps Teknik, 12 Korps Elektronika, 22 Korps Suplai, 29 Korps Marinir, 5 Korps Kesehatan, 9 Korps Khusus, 4 Korps Polisi Militer dan 2 Korps Hukum sedangkan Pasis tamu berjumlah 22 orang terdiri dari 4 TNI AD, 4 TNI AU, dan 9 Polri serta 5 Pasis negara sahabat berasal dari Australia, India, Korea Selatan, Malaysia dan Singapura.

Melalui sambutannya, Kasal menyampaikan bahwa kelangsungan hidup suatu bangsa bergantung pada kekuatan karakter kemampuan menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan menjadi fondasi penting dalam menjaga eksistensi serta jati diri bangsa di tengah arus globalisasi.

Lebih lanjut penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan revolusi industri 4.0, seperti kecerdasan buatan, internet of things, big data, dan cyber security menjadi kunci agar bangsa kita tidak hanya bertahan tapi juga berkembang serta berinovasi di tengah perubahan zaman.

Pada kesempatan tersebut Kasal juga mengucapkan selamat kepada para perwira siswa atas kesempatan berharga untuk menempuh pendidikan di Seskoal, hal ini bukan hanya sebuah kehormatan tetapi juga tanggung jawab besar untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin masa depan TNI Angkatan Laut. (Arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *