Ny. Eka Hariyati Taruna Harapkan Dekranasda Menjadi Pelopor Perekonomian Daerah

Nganjuk (cokronews.com) —– Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Nganjuk, Ny. Eka Hariyati Taruna secara resmi melantik pengurus Dekranasda Kabupaten Nganjuk masa bakti tahun 2023 – 2024, di Pendopo K.R.T Sosro Koesoemo, Senin (04/03/2024).

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Surat Dekranasda Provinsi Jawa Timur Nomor: 023/DEKRAN. JATIM/SK/XII/2023 tentang Pengesahan Pengangkatan Pengurus Dekranasda Kabupaten Nganjuk yang ditandai dengan penyematan pin oleh Ny. Eka Hariyati Taruna.

Dalam sambutannya, Ny. Eka Hariyati Taruna mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus Dekranasda Kabupaten Nganjuk periode 2023-2024 yang telah dilantik pada hari ini.

“Kami berharap jajaran pengurus yang baru dilantik ini dapat semakin memajukan Dekranasda Kabupaten Nganjuk serta dapat memberikan manfaat. Dengan tujuan dapat memberdayakan pengrajin dan pelestarian budaya melalui hasil produk-produk unggulan daerah,” tuturnya.

Selain itu, juga dikatakan Ny. Eka Hariyati bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam pengembangan dan penguatan perekonomian masyarakat. Yang mana, hal tersebut menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Nganjuk dalam meningkatkan produktivitas usaha termasuk industri kecil dan menengah.

“Seperti kita ketahui bersama, peranan penting dari keberadaan industri kerajinan sebagai suatu wahana pemerataan pendapatan dan menciptakan usaha baru. Sehingga, nantinya hasil kerajinan dari Kabupaten Nganjuk dapat menjadi Primadona baik di tingkat regional maupun nasional bahkan menjadi produk ekspor di pasar internasional,” tandasnya.

Untuk itu, dengan kepengurusan yang baru ini. Ny. Eka Hariyati Taruna berharap agar dekranasda Kabupaten Nganjuk mampu berkoordinasi bersinergi dan berintegrasi dengan pemerintah maupun dengan mitra supaya dapat mengikuti perkembangan pasar global.

Saya berharap Dekranasda Kabupaten Nganjuk dapat mengambil peran sebagai pelopor perubahan dan memperjuangkan kepentingan pengusaha kecil pengrajin dan seniman dengan semangat keberhasilan kewirausahaan untuk memaksimalkan potensi daerah dan menghasilkan produk yang dapat mendongkrak perekonomian daerah khususnya Kabupaten Nganjuk,” imbuhnya.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut Pj. Bupati Nganjuk sekaligus pembina Dekranasda juga berharap agar pengurus Dekranasda yang baru dilantik memiliki kemampuan dan kompetensi dalam membangun kreativitas dan inovasi guna mendorong industri kreatif di wilayah Kabupaten Nganjuk.

“Karena kalau kita lihat, Kabupaten Nganjuk hari ini, ‘year on year’ pembangunannya menaik atau mengalami kenaikan sebesar 5,40 persen. Kalau di Provinsi Jawa Timur 5,04 persen. Artinya, sebenarnya prospek pembangunan Kabupaten Nganjuk ini begitu luar biasa,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pada momentum ini. Sri Handoko mengajak kepada para pengurus Dekranasda untuk bersama-sama dan beriringan jangan sampai perkembangan ekonomi ini tidak sebanding lurus dengan yang dirasakan oleh masyarakat Nganjuk.

“Oleh karenanya dekranasda, kalau kami berbicara tidak ada kata terlambat. Semuanya memiliki momentumnya dan hari ini ini momentum yang bagus untuk sama-sama kita beriringan membangun memajukan kerajinan masyarakat Kabupaten Nganjuk,” pungkasnya. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *