Mewisuda 79 Lulusan SOTH Kecamatan Ngronggot, Kadis PPKB Ajak Berperan Aktif dalam Pengasuhan Anak

Nganjuk ( cokronews.com ) —- Sebanyak 79 orang lulusan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dari tiga desa di Kecamatan Ngronggot mengikuti prosesi wisuda bertempat di Balai Desa Betet, Kecamatan Ngronggot, pada Rabu (21/2/2024).

Untuk diketahui, tiga desa tersebut diantaranya, Desa Betet 21 Kelompok SOTH, Desa Juwet 29 Kelompok SOTH, dan Desa Kelutan 20 Kelompok SOTH. Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas PPKB Nganjuk, Plt. Sekretaris Dinas PPKB Nganjuk, Forpimcam Ngronggot, Kepala Puskesmas Ngronggot, Kepala Desa, Ketua TP PKK Desa, Penyuluh KB Kecamatan Ngronggot, Kader SOTH, dan peserta wisuda serta undangan terkait.

Dalam kesempatan itu, Nafhan Tohawi, selaku Kepala Dinas PPKB Nganjuk, menyampaikan bahwa SOTH merupakan program peningkatan kemampuan orang tua dalam mengasuh balita agar lebih memahami psikologi anak.

“Adanya SOTH ini bertujuan untuk meningkatkan peran kelompok BKB (Bina Keluarga Balita) menjadi sekolah pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang dan pembentukan karakter bagi keluarga yang memiliki anak usia dini,” ucapnya sembari menyebut upaya peningkatan pemahaman 1000 HPK dalam rangka pencegahan dan penurunan prevalensi stunting.

Menurut Nafhan, keberhasilan ini patut disyukuri dengan harapan lulusan sekolah orang tua hebat dapat berperan aktif dalam menyosialisasikan pentingnya pengasuhan yang baik dan benar sesuai dengan ilmu yang sudah didapatkan di SOTH kepada keluarga, kerabat dan masyarakat demi terciptanya generasi berkualitas.

“Saya memberikan apresiasi untuk peserta Sekolah Orang Tua Hebat yang dengan semangat meluangkan waktunya untuk belajar meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya sebagai orang tua. Karena orang tua adalah contoh nyata bagi putra-putrinya. Bukan untuk menjadi orang tua yang sempurna, tapi bagaimana menjadi orang tua yang hebat dan bertanggung jawab untuk masa depan anak,” ungkapnya.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada para fasilitator yang dengan sabar telah memberikan materi yang sangat bermanfaat. Dan harapannya untuk kedepan agar berdiri SOTH yang lain di desa-desa se Kecamatan Ngronggot dan peserta siap melanjutkan ke jenjang SOTH S2 (Tahap 2),” tambahnya. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *