Menarik Minat Baca Pada Anak, Dinas Arpus Adakan Lomba Bertutur Konten Lokal Nganjuk Sebagai Upaya Menumbuhkan Kecintaan Akan Budaya Kota Angin

Nganjuk ( cokronews.com ) —- Demi meningkatkan minat baca di usia dini, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Nganjuk menggelar Lomba Bertutur Konten Lokal Nganjuk bagi siswa – siswi Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) tingkat Kabupaten yang dilaksanakan di Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Nganjuk pada Rabu (21/02/2024).

Acara ini, secara resmi dibuka langsung oleh Kepala Dinas Arpus Kabupaten Nganjuk, Diah Puspita Rini bersama Kepala Bidang Perpustakaan, Fitri Kusumawardani dan Dewan Juri Lomba Bertutur Lokal Konten beserta pembina peserta lomba. Dalam keterangannya, Kepala Dinas Arpus Kabupaten Nganjuk, Diah Puspita Rini mengatakan, tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk menumbuhkembangkan minat baca pada anak. Kemudian, juga untuk mengangkat dan mempopulerkan buku – buku cerita budaya daerah Nganjuk dalam membangun karakter anak didik sejak dini.

“Kegiatan lomba hari ini juga digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Nganjuk ke-1087,” tutur Diah Puspita Rini.

Disampaikan Diah Puspita Rini, kegiatan lomba ini dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Dengan pelaksanaannya berjenjang, dimulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, kemudian Nasional.

“Saya sangat mengapresiasi anak-anak yang mengikuti lomba hari ini dan para pembina. Ini juga sebagai upaya pemerintah untuk menumbuhkan minat membaca buku di kalangan pelajar,” ujarnya.

Dirinya juga yakin, jika minat membaca buku itu terus diasah dari waktu ke waktu, maka akan banyak pelajaran yang bisa diambil oleh anak–anak. Selain bisa meningkatkan rasa kecintaan terhadap budaya bangsa, buku tentang cerita rakyat di nusantara juga memberikan banyak pelajaran dalam hidup. Seperti pelajaran tentang pentingnya kejujuran, rasa hormat dan kepatuhan kepada kedua orang tua dan menyayangi lingkungan.

“Nilai–nilai itu diharapkan akan terus tertanam dan terbawa hingga mereka berusia dewasa, sehingga mereka tumbuh menjadi manusia yang memiliki sikap dan budi pekerti yang mulia. Pada akhirnya, akan lahir para penutur–penutur cilik yang potensial, dan bisa mewakili Kabupaten Nganjuk di event–event yang lebih tinggi lagi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, lomba Bertutur Konten Lokal Nganjuk ini diikuti oleh 30 peserta dari pelajar tingkat SD/MI sederajat yang ada di Kabupaten Nganjuk. Aturannya, para peserta harus menyampaikan cerita dengan bahasa Indonesia dengan tema “Lokal Konten Nganjuk”. Adapun pemenang pada kejuaraan ini, ialah Juara I SDN 2 Kampung Baru (Tanjunganom), Juara II SDN 1 Lestari (Patianrowo), Juara III SDN Jegreg (Lengkong), Harapan I SDN 2 Ngrengket (Sukomoro), Harapan II SDN Talun (Rejoso) dan Harapan III SDN 3 Ngetos. (Kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *