Kunker di Korem 081/DSJ, Pangdam Tekankan Netralitas TNI dan Komitmen Wujudkan Pemilu Damai 2024

Madiun, (cokronews.com) —– Menghadapi Pemilu 2024, prajurit di jajaran Kodam V/Brawijaya diharuskan bersikap netral dan fokus dalam upaya menjaga kondusivitas wilayah.

“Tadi saya menekankan, sebagai prajurit TNI harus netral dan sama-sama menjaga keamanan dan pertahanan wilayah dengan mengajak masyarakat untuk sama-sama mengamankan wilayahnya masing-masing, sehingga pesta demokrasi itu berjalan damai sampai selesai,” kata Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Rafael Granada Baay kepada media usai memberi arahan kepada prajurit, ASN, dan Persit di jajaran Korem 081/DSJ, bertempat di Pahlawan Business Center (PBC), Kota Madiun, Jumat (12/1/2024).

Pangdam menyebut, agenda Kunkernya bersama Ketua Persit KCK Daerah V/Brawijaya, Ny. Lisa Rafael Granada Baay juga dimanfaatkan untuk lebih mengetahui kondisi prajurit dan satuan di jajarannnya, serta untuk lebih memperkuat soliditas TNI-Polri dengan pemerintah daerah.

“Tentunya karena saya termasuk baru menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya, saya perlu perkenalan dengan jajaran wilayah, sekalian mengecek, melihat bagaimana kondisi prajurit saya dan anak buah saya, termasuk bagaimana situasi dan pangkalan mereka, ada permasalahan atau kesulitan apa,” bebernya.

“Kami juga perlu mempererat kerja sama soliditas antara TNI dan Polri dengan pemerintah daerah supaya jalinan yang sudah berjalan sebelumnya tetap berlanjut dan terus semakin akrab lagi, semakin solid lagi, sehingga kita bisa bersama-sama rakyat bekerja sama dalam menjaga keamanan dan pertahanan wilayah,” sambungnya.

Lanjut, kata mantan Danpaspampres itu, Kunkernya kali ini juga bertujuan untuk menyampaikan program-program Panglima TNI dan Kasad dalam tahun 2024 ke depan.

Tak hanya itu, Pangdam mengungkapkan, ia juga menekankan kepada prajuritnya untuk menghindari segala pelanggaran sekecil apapun, kemudian membangun hubungan dan kedekatan serta bantu masyarakat di wilayah mereka masing-masing.

Sementara itu, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono mengaku bangga dengan kunjungan yang dilakukan oleh Pangdam dan Ketua Persit KCK Daerah V/Brawijaya.

“Kami merasa bangga dan tentunya ini memberikan support kepada kami,” kata Danrem ditemui usai Kunker tersebut.

Terkait penekanan Netralitas TNI dari Pangdam, Pamen TNI AD abituren Akmil 1995 itu menegaskan akan siap memegang teguh dan berkomitmen untuk mewujudkan Pemilu Damai 2024.

“Kami bertekad TNI, khususnya TNI AD bersikap netral, dalam arti tidak memihak kepada salah satu calon, tidak memberikan fasilitas satuan, dan tidak berkomentar tentang apapun terhadap para calon, itu harapan kami semuanya. Mari kita bersama-sama untuk menciptakan situasi yang kondusif di wilayah Madiun Raya,” sebutnya.

Tampak dalam kunkernya, Pangdam dan Ketua Persit KCK Daerah V/Brawijaya juga memberikan bantuannya kepada para veteran, warakawuri, dan anak-anak Panti Asuhan Yayasan Putra-Putra Pahlawan ABRI Madiun.(ipung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *