Koperasi dan UKM Sidoarjo Ikut Pelatihan Ecoprint

Sidoarjo. (Cokronews.com) – Sebanyak 60 pelaku usaha koperasi dan usaha kecil dan menengah (KUKM) di Sidoarjo mengikuti kegiatan penguatan usaha melalui pelatihan ecoprint. Kegiatan ini digelar oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) untuk mendorong perekonomian di Jawa Timur.

Mengutip laman Diskop UKM Jatim (29/11/2023), Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha, Diskop UKM Jatim, Susanti Widyastuti menjelaskan beberapa keunggulan dari ecoprint dalam dunia bisnis.

“Keunggulan ecoprint dalam dunia bisnis adalah menghilangkan stigma negatif terhadap pelaku bisnis yang seringkali mengabaikan kelestarian lingkungan menjadi industri ramah lingkungan, sehingga ecoprint memiliki peluang dan solusi bagi perusahaan tekstil di bidang fashion,ā€ ungkap Susi.

Bisnis ecoprint, lanjut Susi, memiliki motif yang variatif, beragam, serta seni yang tinggi. Hal ini nantinya akan lebih banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki value yang tinggi. Susi pun menyampaikan pesan kepada para peserta untuk selalu bangga terhadap produk dari UKM seperti ecoprint ini.

ā€œJangan sampai kita tergerus oleh tren model dari luar karena karya anak bangsa itu justru lebih bagus. Ayo semangat membangun bisnis, kita kembangkan kreativitas tanpa henti, bisnis yang besar dimulai dari bisnis yang kecil. Bisnis yang kuat dan sukses karena sebuah proses. Mari kita gaungkan terus kesadaran masyarakat untuk bangga terhadap produk-produk UKM sehingga dapat memunculkan wirausaha baru di Jawa Timur,ā€ pesan Susi.

Pelatihan ecoprint ini menghadirkan narasumber yang berasal dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Prestasi Bojonegoro yaitu Siti Nur Hidayah. Pelatihan ini juga merupakan bagian dari program Kerja Diskop UKM Jatim yang bersinergi dengan Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *