Kominfo Jatim Adakan Bimtek Bagi Pengelola Media Publik

Surabaya (cokronews.com) —– Guna meningkatkan kompetensi pengelola media publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Dinas Kominfo Jatim mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelola Media Publik, secara daring melalui platform Zoom, Senin (25/3/2024).

Bimtek yang diikuti para pengelola media publik di 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur itu, dimaksudkan untuk melatih keterampilan praktis dalam merencanakan mengelola, dan mengevaluasi program media publik melalui portal InfoPublik maupun kanal Kominfo Newsroom milik Kemenkominfo RI.

Mewakili Kepala Dinas Kominfo Jatim, kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik (Kabid IKP) Kominfo Jatim, Putut Darmawan. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan, di era digital ini, pemerintah harus terus beradaptasi dan menguasai pemanfaatan media digital, terutama untuk mendesiminasikan program maupun kebijakan, serta menjalankan komunikasi strategis, kepada masyarakat.

“Beberapa waktu yang lalu, Wakil Menteri Kominfo RI, Nezar Patria di saat malam anugerah Meida Center pada awal Maret mengatakan, isu strategis nasional harus bisa kita amplifikasi sampai dengan di tingkat lokal, kolaborasi menjadi aspek yang sangat penting. Sejak tahun 2007, Portal InfoPublik telah membangun 150 media center, yang tersebar di berbagai daerah mulai provinsi hingga kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Terima kasih kepada InfoPublik Kementerian Kominfo yang sudah mendirikan 150 media center,” tutur Putut.

Sebagai humas pemerintah, Putut menjelaskan, Diskominfo Jatim telah berpartisipasi aktif sebagai salah satu pengelola media center daerah di portal InfoPublik. “Kami senantiasa berupaya mendesiminasikan dan mendistribusikan informasi terkait program dan kebijakan baik di lingkungan pemerintah provinsi, maupun Kabupaten /Kota di Jawa Timur,” jelas Putut.

Melalui kegiatan ini, Putut menerangkan, para peserta akan diajak mengenal lebih dalam tentang portal InfoPublik, cara menulis berita yang berkualitas, hingga peran pemerintah daerah dalam pengelolaan media publik. “Untuk itu kami berharap Dinas Kominfo Kabupaten/Kota di Jatim, semakin banyak yang ikut, berpartisipasi aktif maupun berkontribusi di portal InfoPublik,” terangnya.

Saat ini, Putut memaparkan, terdapat kurang lebih 60-70% Kabupaten/Kota yang telah berkontribusi aktif dalam pengelolaan media publik. Dengan Bimtek Pengelola Media Publik ini, diharapakan dapat disampaikan jumlah data yang telah berkontribusi maupun yang belum berkontribusi dalam pengelolaam media publik melalui portal InfoPublik.

“Kami meyakini 38 Kabupaten/Kota nanti akan berkontribusi aktif. Semoga kegiatan ini bisa mengantarkan kita untuk terus bersama-sama menghasilkan Informasi yang positif, konstruktif, dan bermanfaat untuk bermasyarakat yang menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai pemerintah,” harap Putut.

Sebagai informasi, kegiatan Bimtek Pengelola Media Publik ini menghadirkan seorang pembicara, yang merupakan Redaktur Pelaksana (Redpel) Portal InfoPublik milik Kemenkominfo RI, Mohammad Taofiq Rauf. Dalam Bimtek, Ia menjabarkan materinya yang berjudul ‘Merawat Indonesia dengan jurnalistik Pemerintahan ala InfoPublik’. (Arifin/Kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *