Komandan Puslatmar Imbau Prajurit Jadikan Puasa Sebagai Sarana Instrospeksi Diri

Surabaya (cokronews.com) —– Bentuk pembinaan dan kepedulian terhadap kedisiplinan para Prajurit dan PNS, Komandan Puslatmar Kolonel Marinir Yudi Asmar memberikan pengarahan dalam jam Komandan, bertempat di D’ Trisula Park dan Lounge Puslatmar Moro Krembangan Surabaya. Kamis, (14/03/2024).

Dalam pengarahannya, Danpuslatmar menjelaskan tentang perkembangan situasi saat ini dan hasil rapim TNI-Polri tentang Program Prioritas menuju TNI PRIMA, Strategi dan Kebijakan Kasal, pedoman pelaksanaan tugas Kodiklatal serta evaluasi dari Kodik, Inspektorat, Kapokgadik dan Direktur Kodiklatal.

Didalam jam Komandan Puslatmar, juga ditekankan agar prajurit Puslatmar dituntut untuk Profesional diantaranya; ahli dalam bidangnya, mampu merespon setiap perkembangan situasi dengan cepat dan tepat (punya PKT dan PKM), bisa dan mampu beradaptasi dengan cepat terhadap lingkungan, bisa deteksi dan cegah dini akan permasalahan yang ada, mau dan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dengan update informasi dan upgrade kemampuan.

Selain itu, wajib memelihara aset yakni; aset satuan (material satuan, nama baik saruan, kepercayaan pimpinan) dan aset diri masing-masing (kesehatan, fisik jasmani, pola pikir dan daya tahan, budaya kerja dan etos kerja, keluarga harmonis) serta menghadapi masa transisi pemerintahan dan perpindahan IKN maka seluruh prajurit Puslatmar wajib mengikuti perkembangan situasi.

“Ibadah puasa sebagai sarana instropeksi diri secara pribadi maupun kedinasan serta mempertebal keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Waspadai jaga Ksatrian, siaga, keamanan dan keselamatan kerja serta keluarga. Selain itu juga dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan bekerja dengan secara maksimal dan penuh keikhlasan”, jelasnya.

“Berpuasa jangan dijadikan alasan atau halangan bagi prajurit untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing masing. Tingkatkan disiplin, dedikasi, loyalitas dan motivasi dalam melaksanakan tugas,” imbuhnya.

Diakhir pengarahannya, Danpuslatmar berpesan agar anggota tetap menjaga kesehatan dalam menjalankan ibadah puasa, tetap semangat dan kondisi mental serta fisik agar dapat menjalankan tugas secara prima serta harus tetap waspada terhadap situasi dan kondisi serta menghindari pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri dan institusi serta melaporkan pada kesempatan pertama apabila anggota sedang menghadapi permasalahan.

Hadir dalam acara tersebut Wadan Puslatmar, Pasops Puslatmar, Pasipam Puslatmar, Pasprogar Puslatmar, Dansatlatsusmar Puslatmar, Dansatlat Pasrat Puslatmar, Dansatlat Banrat Puslatmar. (Arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *