Kasal Tuangkan Peran Penting TNI AL, Danlantamal V Hadiri Launching Dan Bedah Buku “Diplomasi Sang Hiu Kencana”

Surabaya (cokronews.com) —— Untuk menggugah betapa pentingnya peran TNI AL dalam diplomasi negara, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan, S. H., M. Han., menghadiri Launching dan Bedah Buku “Diplomasi Sang Hiu Kencana” oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali di Hanggar Kapal Selam Koarmada II Surabaya. Sabtu (20/04/2024)

Melalui buku ini, Kasal menuangkan dedikasinya akan diplomasi perdamaian dan kemakmuran di wilayah perairan. Bahkan pengalaman tersebut menjadikannya sebagai salah satu tokoh yang dihormati dalam arena diplomasi internasional antar negara.

“Buku ini menggambarkan bagaimana Naval Diplomacy itu harus dilaksanakan dan sangat penting untuk negara kita. Karena negara kita adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan memiliki garis pantai yang terpanjang di dunia,” ucap Kasal.

Pemilihan judul, diakui Kasal, terinspirasi dari banyak hal. Diantaranya dari pengalaman penugasan berinteraksi dengan Angkatan Laut berbagai negara. Serta istilah Sang Hiu Kencana menggambarkan kebanggaan sebagai prajurit Korps Hiu Kencana yang ditempa dengan nilai kepemimpinan, kesetiaan, dan kekesatriaan.

“Selain itu background penugasan saya lama di kapal selam, sehingga sesuai dengan temanya. Kapal selam ini unik, selain memiliki tingkat deterrent yang tinggi, antara awak kapal selam memiliki rasa persaudaraan yang cukup kuat antar negara. Itu salah satu alasan juga,” ungkap Kasal.

Buku ini juga menonjolkan tentang bagaimana diplomasi, baik melalui soft approach maupun yang hard approach apabila terjadi konflik. Bagaimana mencegah konflik di laut, karena di laut banyak kepentingan antar negara. Dan Indonesia memiliki 10 perbatasan laut dengan negara lain, lebih banyak dari perbatasan darat.

“Dengan adanya buku ini, penting bagi negara Indonesia dan membahas bagaimana perjalanan maupun kunjungan-kunjungan yang merupakan diplomasi maritim maupun diplomasi keamanan laut. Bagaimana operasi di laut yang merupakan salah satu wujud diplomasi, dan dijelaskan dalam buku ini,” tutup Kasal.

Pembedah buku dalam acara tersebut yakni, Prof. Dr. H. Yuddy Chrisnandi, S.E,. M.E, Rektor Universitas Pertahanan Letjen TNI Jonni Mahroza S.IP., M.A., M.Sc., CIQnR., CIQaR., Ph.D., dan Kababinkum TNI Laksda TNI Kresno Buntoro SH., LL.M., Ph.D dengan dihadiri oleh Akademisi terkemuka seperti Rektor Universitas Trisakti, Rektor Universitas Brawijaya, Rektor Unair, Rektor ITS, Rektor Unesa, dan Rektor Universitas Hang Tuah Surabaya. (Arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *