Jelang Hari Dharma Samudera, Pangkoarmada II Ikuti Ziarah dan Tabur Bunga

Surabaya. (Cokronews.com) —– Menjelang Hari Dharma Samudera Tahun 2024, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., mengikuti Ziarah dan Tabur Bunga, yang dipimpin langsung oleh Komandan Komando Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sepuluh November, Jalam Mayjen Sungkono Surabaya. Jumat (12/1).

Kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan para prajurit TNI Angkatan Laut kepada para pahlawan yang gugur saat mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dalam salah satu peristiwa heroik yakni Pertempuran Laut Aru yang telah terjadi pada 15 Januari 1962 silam.

Upacara ziarah dan tabur bunga tersebut berlangsung dengan khidmat, diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga oleh pimpinan ziarah, penghormatan kepada arwah pahlawan, pembacaan doa, dan diakhiri dengan penaburan bunga oleh pimpinan ziarah yang diikuti oleh para Pangkotama wilayah Surabaya.

Dalam keterangannya, Dankodiklatal menyampaikan bahwa kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan ini dalam rangka memperingati hari Dharma Samudera tahun 2024 dan merupakan salah satu wujud penghormatan para prajurit TNI Angkatan Laut untuk mengenang jasa-jasa dan perjuangan para pahlawan kusuma bangsa dalam pertempuran Laut Aru.

Lebih lanjut, dengan peringatan hari Dharma Samudera ini dapat menginspirasi prajurit-prajurit muda penerus bangsa, untuk mengabdikan diri kepada nusa dan bangsa.

“Puncak peringatan hari Dharma Samudera Tahun 2024 nantinya akan diperingati dengan pelaksanaan upacara tabur bunga di KRI Bima Suci pada tanggal 15 Januari 2024 mendatang,” pungkasnya. (Arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *