Jaring Usulan Prioritas Masyarakat, Pemkot Kediri Gelar Musrenbang Kelurahan

Kediri (cokronews.com) —- Awal 2024, Pemerintah Kota Kediri kembali melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) yang dimulai di tingkat kelurahan. Forum musyawarah perencanaan pembangunan tahunan ini dilakukan untuk menyepakati rencana kerja pembangunan 2025 dengan melibatkan partisipasi dari para pemangku kepentingan dan masyarakat. Musrenbang tingkat kelurahan dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 26 hingga 31 Januari 2024 dengan menyasar seluruh kelurahan di Kota Kediri.

“Sama seperti tahun sebelumnya, Musrenbang kali ini berfokus pada tiga bidang prioritas yakni bidang pembangunan manusia, bidang infrastruktur, serta bidang ekonomi dan pemerintahan. Dari usulan Musrenbang di tingkat kelurahan akan kita pilah lagi skala prioritas yang nantinya akan dibahas pada Musrenbang tingkat kecamatan,” ujar Chevy Ning Suyudiselaku Kepala BAPPEDA Kota Kediri pada Rabu (31/1/2024). 

Musrenbang ditingkat kelurahan melibatkan berbagai unsur meliputi LPMK, Badan Swadaya Masyarakat, kader, satgas PPA, RT/RW, LSM tingkat kelurahan, forum anak dan disabilitas.

“Kita harapkan keterlibatan semua unsur ini sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan. Usulan-usulan yang disampaikan nantinya akan dipilih sesuai tingkat kebutuhan dan prioritas pembangunan, karena kapasitas anggarannya juga terbatas. Untuk usulan prioritas  pembangunan daerah tahun 2025 kita telah memperhatikan sasaran Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kota Kediri 2025-2026 untuk tahun pertama” tambah Chevy.

Selanjutnya hasil usulan dalam Musrenbang tersebut akan digunakan sebagai acuan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Kediri 2025. Chevy berharap penyelenggaraan Musrenbang tingkat kelurahan bisa menjadi sarana komunikasi interaktif dan dialog antara pemangku kepentingan dalam pembangunan Kota Kediri sehingga dokumen perencanaan pembangunan Kota Kediri tahun 2025 semakin komprehensif dan berkualitas. 

Sementara itu sebagai salah satu kelurahan yang telah melaksanakan Musrenbang, Heru Sugiarto selaku Lurah Ngronggo menyampaikan dalam program pembangunan daerah, diperlukan adanya masukan dan usulan dari masyarakat. Hal ini penting dilakukan agar pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kota Kediri sesuai kebutuhan dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Tadi malam kita laksanakan Musrenbang dengan melibatkan semua lembaga di Kelurahan Ngronggo. Ada beberapa usulan yang saat ini menjadi prioritas di Kelurahan Ngronggo, terutama yang berkaitan dengan infrastruktur,” ujarnya.

Program prioritas di Kelurahan Ngronggo tersebut dijabarkan Heru meliputi permasalahan genangan air saat musim hujan, pelatihan usaha dan UMKM, penanganan sampah, dan lain-lain. Pada usulan Musrenbang tahun lalu dari forum anak mengusulkan bimtek terkait bullying dan bisa terakomodir tahun ini. Untuk tahun ini sudah ada kesepakatan terkait prioritas yang sudah diputuskan. Dan Heru berharap melalui Musrenbang kelurahan bisa mengakomodir seluruh aspirasi dan kebutuhan warga untuk kemajuan pembangunan di Kota Kediri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *