Ibu Kapolda Jatim Membebaskan ODGJ di Panti Assyifa Ngawi

NGAWI. (Cokronews.com) – Lembaga Sosial Kemasyarakatan (LSK) Rehabilitasi Jiwa “Assyifa” atau biasa disebut dengan panti ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang beralamat di Dusun Berjing Desa Cepoko Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi menerima kunjungan istimewa.

Ya, Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Timur Ny. Yesika Toni Harmanto bersama rombongan dari Surabaya berkenan mengunjungi Panti Assyifa yang dikelola oleh Rina, pada Jumat (27/1/2023)

Kedatangan ibu ketua yang juga merupakan istri dari Kapolda Jatim Irjenpol Toni Harmanto disambut dengan hadroh dari para pengurus dan penghuni panti Assyifa sebagai ucapan selamat datang

Nampak hadir pula Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H bersama Ketua Bhayangkari Cabang Ngawi Ny. Famella Dwiasi dan pengurus Bhayangkari menyambut kedatangan ibu Kapolda Jatim beserta rombongan dari Surabaya.

Selain menyapa dan berbincang langsung dengan para penghuni pondok yang sedang dicukur dan dipotong kukunya, Ny. Yesika Toni juga membebaskan ODGJ yang berada dalam kamar khusus untuk selanjutnya diberikan perawatan dan pengobatan lanjutan.

Dalam kesempatan tersebut Ny. Yesika Toni juga menyerahkan bantuan berupa 1 (satu) ton beras dan 130 pasang ratusan pakaian, paket obat-obatan dan makanan untuk Panti Assyifa Ngawi sebagai bentuk kepedulian Bhayangkari karena telah merawat para ODGJ.

BACA JUGA ; Dankodiklatal Hadiri Pengukuhan Ketua MPR RI,Ketua DPR RI, Kapolri, Kasad, Kasal, dan Kasau Jadi Warga Kehormatan Korps Marinir TNI AL

Tak berhenti sampai disitu, pihaknya juga meninjau beberapa ruangan yang digunakan untuk merawat ODGJ sejumlah 138 orang dari yang berat sampai yang ringan hingga proses penyembuhan dan dikembalikan ke keluarganya.

‚ÄúTerima kasih dan apresiasi setinggi-tingnya kepada pengasuh panti yang telah sabar dalam memberikan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat kepada penghuni Assyifa dengan penuh kasih sayang,” tuturnya

Setelah melihat penampilan fashion show, Ny. Yesika Toni berharap kepada para tenaga pengasuh dan pengurus panti Assyifa yang tidak pernah lelah memberikan wawasan dan pengetahuan sebagai bekal para pasien sehingga saat dilepas ke masyarakat bisa hidup lebih mandiri. Pihaknya juga meminta kepada ODGJ penghuni panti untuk selalu semangat demi kesembuhannya.

“Para ODGJ ini harus kita perhatikan lebih dari yang normal, agar mempunyai kepercayaan diri tinggi dan merasakan kasih sayang dari lingkungannya,” tutup Ny. Yesika Toni Harmanto

Di akhir acara, Ketua Pengurus YKB Daerah Jatim Ny. Yesika Toni Harmanto memberikan tali asih kepada dokter klinik Pratama Polres Ngawi dan dokter RSPAD Gatot Soebroto yang merawat ODGJ tersebut.

Sebagai informasi, sebelum melaksanakan baksos di panti Assyifa Ngrambe, Bu Kapolda Jatim bersama rombongan melakukan giat wisata edukasi bersama 200 murid TK Kemala Bhayangkari di museum Trinil (ipung.A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *