Gerak Cepat, Tim Sar Lanal Banyuwangi Evakuasi Nelayan Laka Laut Di Perairan Selat Bali

Banyuwangi. (Cokronews.com) – Tim Search And Rescue (SAR) Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi yang dipimpin Kadepsin KAL Rajegwesi II-5-40 Letda Laut (T) Satria Adenata Negara berhasil mengevakuasi nelayan yang mengalami laka laut di Perairan Selat Bali. Minggu (3/12/2023).

Nelayan berjumlah 7 (tujuh) orang tersebut mengalami kejadian tenggelam dan terombang ambing dilaut pada saat melakukan perjalanan menuju Pantai Banyuwangi Beach untuk menyaksikan Lomba Perahu Layar Tradisonal yang digelar Lanal Banyuwangi. Korban tersebut merupakan nelayan yang semuanya berdomisili di Banjar Paginuman Gilimanuk.

Mendapatkan informasi kejadian tersebut, Tim SAR Lanal Banyuwangi yang pada saat itu melaksanakan patroli pengamanan even Lomba Perahu Layar, langsung bergerak cepat menuju lokasi dengan menggunakan 1 unit RHIB dan 1 Unit Sea Rider. Selanjutnya Tim SAR mengevakuasi para ABK dan perahu menuju Gilimanuk Bali untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Dalam keterangannya Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) menerangkan bahwa kejadian tersebut bersamaan dengan even Lomba perahu layar yang digelar Lanal Banyuwangi. Untuk mengantisipasi adanya laka laut pada even tersebut Danlanal Banyuwangi telah menyiagakan tim SAR yang melakukan patroli untuk mengamankan kegiatan tersebut.

“Semua ABK dalam keadaan selamat, mereka langsung dibawa ke Gilimanuk setelah Tim SAR berkoordinasi dengan Posal Gilimanuk dari Lanal Denpasar. Perahu dan tujuh korban berhasil diselamatkan, hanya mesin perahu mengalami kerusakan”, Jelas Danlanal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *