Gandeng Kompolnas, FKM Gelar Sarasehan di Hotel Merdeka Kota Kediri Bertema Pemilu Damai Harapan Kita

Kediri (cokronews.com) —– Salah satu Lembaga Sosial Kontrol Kediri Raya yang tergabung dalam Forum Kediri Maju (FKM) menggelar Sarasehan dengan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) bertema Pemilu Damai Harapan Kita pada Rabu (07/02/2024) di Kota Kediri.

Siti Isminah selaku Ketua Forum Kediri Maju (FKM)menyampaikan tujuan utama dari sarasehan ini adalah bersilahturahmi sekaligus agar berjalannya pemilu damai, lancar, aman, dan tidak ada gesekan atau yang lainya.

” Terima kasih atas kehadirannya rekan-rekan dan mohon maaf kalau ada kurang ataupun lebihnya dalam penyelenggaran acara ini, kurang berkenan baik sengaja maupun tidak.” sambutannya.

Salah satu Dewan Kompolnas H. Mohammad Dawam, SH., MHi. sebagai narasumber menyampaikan dirinya sedang dalam tugas Kunjungan kerja, hadir di Polda Jatim. Kunjungan kerja kali ini untuk melihat secara langsung tahapan pra pemilu dan pasca pemilu di Wilayah Polda Jatim.

” Dalam kunjungan kerja Kompolnas ke Jatim, berharap agar pemilu terjaga tertib, dan aman. Sebelumnya juga ada kegiatan semacam ini di Wilayah Polres Tulungagung, kemudian dengan Forum Kediri Maju dan selanjutnya sudah ditunggu juga di Polres Malang. ” ucap H.Mohammad Dawam, SH., MHi.

Dikatakannya tugas dan wewenang dari Kompolnas yakni ada 2 diantaranya memberikan masukan pada presiden tentang Kebijakan dari Kepolisian dan memberikan rekomendasi untuk calon Kapolri. Sedangkan untuk wewenangnya adalah memberikan pengawasan pada lembaga kepolisian mulai dari tingkat bawah sampai Mabes Polri dan juga menerima aduan masyarakat terkait kinerja kepolisian.

” Anggota Kompolnas ada sembilan, tiga anggota dari Kementrian Menkopolhukam, Kemendagri dan Kemenkumham, sedang lima anggota yang lain dari komisioner.” terangnya.

Mohammad Dawam menjelaskan perlunya K3I yaitu pegang Kendali keadaan, koordinasi manjemen keadaan di lapangan dan komunikasikan dengan yang lain, setiap Informasi benar akurat tidak menyesatkan. Hal ini untuk menuju pemilu yang aman, damai dan lancar.

Alif Ketua LSM LIRA salah satu peserta hadir di acara mengapreasi giat FKM yang sangat perlu dukungan diadakan secara berkala dan rutin oleh pemerintahan daerah.

” Pemerintah perlu melakukan Sarasehan dengan LsM, Ormas dan Media untuk menyatukan visi misi berjalannya lancar Pesta demokrasi sebelum dan pasca Pemilu Februari 2024 ini. ” Ucap Alif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *