DPMPTSP Jatim Sosialisasikan Ajang Penghargaan Investment Award 2024

DPMPTSP Jatim gelar Sosialisasi Investment Award 2024, di Surabaya. Senin (8/7/2024)

Surabaya (cokronews.com) —– Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Timur (DPMPTSP Jatim) mengadakan kegiatan Sosialisasi Investment Award 2024, di Surabaya, Senin (8/7/2024).

Kegiatan ini untuk mempersiapkan ajang penghargaan bagi pemerintah Kabupaten/Kota di bidang Penanaman Modal atas kinerja pelayanannya serta menjadi stimulus bagi pemerintah Kabupaten/Kota untuk meningkatkan pelayanan dan berinovasi dalam bidang penanaman modal.

Saat ditemui di sela-sela kegiatan, Kepala DPMPTSP Jatim, Dyah Wahyu Ermawati menyampaikan, sosialisasi ini merupakan kegiatan tahunan yang juga diadakan seperti tahun lalu. Namun perbedaan ajang penghargaan kali ini ialah, dilakukan pula penilaian kemampuan transformasi digital. 

“Sosialisasi Investment Award 2024 ini yang berbeda adalah penilaian yang dibandingkan tahun lalu, yakni kemampuan transformasi digital dalam pelayanan publiknya. Kalau dulunya belum dinilai, ini sesuai dengan arahan presiden, bahwa kita melakukan pelayanan publik yang harus lebih efisien dengan menggunakan digital,” tutur Dyah. 

Sehingga, Dyah mengungkapkan, inovasi baru pada ajang penghargaan kali ini adalah, penilaian yang melihat seberapa besar paksaanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten/Kota Jawa Timur melalui pelayanan penanaman modal di pelayanan publiknya.

“Kalau penilaian untuk Kabupaten/Kota sama, dulu yang dinilai kelembagaan, bagaimana promosi investasinya, kinerjanya, dan program-program yang dilakukannya. Jadi kita melihat lompatan-lompatan program dari tahun lalu sampai tahun ini, ditambah plus transformasi digitalnya,” ungkapnya. 

Kategori penilaian dalam ajang penghargaan kali ini, Dyah menerangkan, terdapat dua yakni, kategori pelaku usaha (Penanaman Modal Asing, Penanaman Modal Dalam Negeri, dan Usaha Kecil) serta kategori DPMPTSP Kabupaten/Kota. 

Kepala DPMPTSP Jatim, Dyah Wahyu Ermawati saat ditemui di sela-sela kegiatan sosialisasi investment award 2024, di Surabaya, Senin (8/7/2024).

“Secara tidak langsung, pemerintah kabupaten/ kota melalui DPMPTSP akan membuktikan apakah mereka melakukan SPBE dengan baik dan terencana. Dan secara tidak langsung, DPMPTSP akan men-trigger memacu OPD lain untuk melakukan hal yang sama. Itu yang untuk PMDN, Kabupaten/Kota, tapi kalau yang untuk PMDN dan UKM, itu akan dilakukan penilaian terkait dengan keatuhannya terhadap perizinan, laporan, kemudian terhadap CSR, dan bagaimana kepatuhannya terhadap lingkungan hidup,” terang Dyah. 

Peserta penghargaan Investment Award tahun 2024 ini, Dyah menyebutkan, seluruh 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur akan mengikuti ajang ini. “Tapi kalau PMA, PMDN tergantung nanti yang apply lewat aplikasi kan. Siapa yang apply lewat aplikasi, dia yang ikut. Sedangkan, Kabupaten/Kota pun kalau nggak apply, dia nggak ikut,” sebut Dyah. 

Ke depan, Dyah berharap, ajang investment award tahun 2024 ini akan memotivasi pemerintah kabupaten / kota untuk melakukan perbaikan ekonomi melalui investasinya. Sehingga secara tidak langsung, pemerintah kabupaten/kota akan melakukan pembinaan kepada PMA, PMDN, dan akan melakukan kepatuhan, perizinan, sesuai dengan penilaian yang dilakukan. 

“Lalu, Provinsi Jawa Timur pun akan memberikan apresiasinya melalui ajang ini kepada Kabupaten Kota yang memang benar-benar memberikan layanan yang paling bagus dan melakukan pembinaan, serta melakukan perbaikan dalam peningkatan investasi,” pungkasnya. 

Diketahui, kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh, P Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur (Sekdaprov Jatim), Bobby Soemiarsono, mewakili Pj. Gubernur Jatim. Kegiatan diikuti oleh DPMPTSP Kabupaten/Kota di Jawa Timur dan para pelaku usaha di Jawa Timur. 

Sebagai informasi, adapun jadwal ajang penghargaan ini ialah, sosialisasi (Juli 2024), Self Assessment (Juli-Agustus 2024), Penilaian Administrasi (Agustus-September 2024), Penilaian Lapangan (September-November 2024), Pleno Nominator (Desember 2024), dan Penganugerahan (tahun 2025). (Arifin/Kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *