Dispendukcapil Kota Kediri Serahkan Akta Kematian Secara Door to door

Kediri. (Cokronews.com) – Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Pemerintah Kota Kediri melalui Dispendukcapil Kota Kediri lakukan percepatan penyaluran akta kematian dengan cara door to door. Seperti yang terlaksana Senin, 22 Agustus 2022 di kelurahan Bandar Kidul Kota Kediri.

Menyusuri jalanan hingga masuk ke dalam gang, petugas Dispendukcapil Kota Kediri menghampiri rumah dari keluarga alm. Nurhadi di kelurahan Bandar Kidul, guna menyampaikan secara langsung akta kematian kepada keluarganya.

“Sebelumnya data-data yang diperlukan sudah dikumpulkan melalui kelurahan seperti surat keterangan kematian, fotokopi KTP dan KK. Alhamdulillah aktanya sudah jadi, terus kami antarkan langsung kepada keluarga almarhum,” ucap Syamsul Bahri, Kepala Dispendukcapil Kota Kediri.

BACA JUGA ; Polda Jatim Sikat Mafia Tanah Berkedok Dana Investasi dan Pembangunan Perumahan

Ditambahi olehnya kegiatan tersebut juga sekaligus merespon surat dari Ditjen Dukcapil Kemendagri pada bulan September 2021 lalu supaya melakukan percepatan pelayanan akta kematian akibat Covid-19 yang belum sempat diurus oleh keluarga yang bersangkutan.

“Tidak hanya menyerahkan akta kematian saja, kami juga edukasikan kepada masyarakat penting akta kematian ini. Karena masih banyak masyarakat yang belum begitu memahami tentang fungsi dari akta kematian ini”, terangnya.

Sementara itu, Bu Nurhadi, begitu warga memanggil wanita yang pernah menjadi istri alm. Nurhadi ini mengucapkan terimakasih atas pelayanan yang diberikan. “Alhamdulillah terimakasih banyak atas pelayanan ini, sangat memudahkan masyarakat”, tutur ibu dua orang anak tersebut.

“Seperti jika anak almarhum/ah ingin daftar polisi/TNI saat pemberkasan perlu akta kematian, kemudian saat melakukan pernikahan, dan sebagainya. Untuk itu kami juga wanti-wanti kepada masyarakat supaya dokumen itu dijaga dengan baik supaya tidak rusak atau hilang”, imbuh Syamsul.

Sementara itu, hingga saat ini kepemilikan akta kematian di Kota Kediri secara keseluruhan sudah mencapai angka 70% dan Dispendukcapil Kota Kediri terus berusaha untuk meningkatkan capaian salah satunya dengan metode jemput bola ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.