Desa Tlemang Ngimbang Lakukan Upacara Adat Nyanggreng Warisan Leluhur

Lamongan. (Cokronews.com) – Nyanggring merupakan upacara tradisi bersih desa di Tlemang Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Dalam acara bersih desa ini memiliki kegiatan memasak sajian khusus berupa Sayur Sanggring. Sayur yang pada zaman dahulu berguna untuk selamatan atas wisudanya Ki Buyut Terik, leluhur Desa Tlemang.

Upacara tradisi bersih desa ini dilakukan selama empat hari berturut-turut. Upacara tradisi Nyanggring bertujuan untuk membangun solidaritas masyarakat desa sekaligus sebagai pesta rakyat atas hasil bumi yang melimpah.

Sanggring merupakan masakan berbahan dasar ayam, pertama kali dimunculkan oleh Ki Buyut Terik, leluhur Desa Tlemang. Awalnya Sanggring menjadi jamuan makan untuk para tamu. Namun seiring perjalanan waktu, Sanggring kemudian diwariskan acara adat secara turun-temurun oleh masyarakat Desa Tlemang.

Dalam kesempatan upacara adat Sanggreng kali ini pada Minggu 2 Januari 2022,
turut hadir Bupati lamongan Yuhronur Efendi,Kepala Desa , Tokoh adat,Tokoh agama dan Tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala Desa mengharapkan tradisi adat Sanggreng tetap di lestarikan supaya terjaga solidaritas dan tetap bersyukur atas hasil bumi yang di hasilkan selama ini.

BACA JUGA ; Kapolda Jatim Pimpin Apel Gelar Pasukan Persiapan Perayaan Tahun Baru 2022

” Upacara adat Sanggreng di lakukan setahun sekali setiap 27 Jumadil awal,” ucap Aris pramono Kepala Desa Tlemang.

Dalam upacara Sanggreng kali ini di laksanakan dengan meriah, Islami dan tak lupa masyarakat yang hadir tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan. ( Rbt )

Leave a Reply

Your email address will not be published.