Danlantamal V Ikuti FGD Efektivitas Dan Efisiensi Kodal Armada Secara Vicon

Surabaya (cokronews.com) —– Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan, S. H., M. Han., mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Efektivitas dan Efisiensi Kodal Armada secara Vicon yang dipimpin langsung oleh Pangkoarmada RI Laksdya TNI Dr. Denih Hendrata, S. E., M.M., CHRMP., di Puskodal Mako Lantamal V, Perak Surabaya. Selasa (26/03/2024).

FGD ini diharapkan dapat mencapai kesepakatan dan pemahaman baru terkait dengan Efektifitas dan Efisiensi Komando Pengendali (Kodal) Armada , dengan mendatangkan narasumber Laksdya TNI (Purn) Taufiqurrahman.

Pangkoarmada RI mengawali acara dengan sambutan dan menyapa kepada seluruh peserta baik datang secara langsung maupun Vicon, kemudian dilanjut paparan oleh Asisten Intelijen (Asintel) Pangkoarmada RI Laksamana Pertama TNI Iwan Setiawan, S.H., mengenai efektifitas dan efisiensi kodal armada.

Berdasarkan Perpres No. 66 tahun 2019 tentang susunan organisasi TNI mengenai tugas Koarmada RI Komando Utama Operasi yang selanjutnya disebut Kotama Ops adalah kekuatan TNI terpusat yang berada di bawah komando panglima, dan Komando Utama Pembinaan yang selanjutnya disebut Kotama Bin adalah kekuatan TNI yang memiliki fungsi pembinaan kekuatan matra yang berada di bawah komando Kepala Staf Angkatan Laut.

“Koarmada I, II dan III adalah Komando Pelaksana Pembinaan dan Operasi Koarmada RI yang bertugas dalam penyelenggaraan operasi tempur laut, operasi laut sehari-hari dan operasi keamanan laut sekaligus juga merupakan pembantu dan pelaksana Koarmada RI dalam penyelenggaraan pembinaan kemampuan TNI Angkatan Laut,” ujar Asintel Pangkoarmada RI. (Arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *