Dankodiklatal : Perwira Lulusan Diktukpa TNI AL Mampu Memenuhi Tantangan Tugas Di Satuan Nanti

Surabaya. (Cokronews.com) – “Perwira Lulusan Diktukpa TNI Angkatan Laut mampu memenuhi tantangan tugas di satuan nanti dengan sebaik-baiknya, karena sebelumnya saudara telah memiliki kelebihan pengalaman penugasan selama menjadi Bintara, sehingga disamping sebagai pemimpin, sekaligus pada tataran teknis, saudara mampu mengarahkan dan memberi contoh pada anggota sesuai bidang masing-masing.”

Demikian dikatakan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah saat menutup program Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-53 TA 2023. Penutupan Pendidikan (Tupdik) yang diikuti 217 siswa tersebut dilaksanakan di Gedung Moeljadi Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Jumat (03/11/2023).

Dari 217 orang Perwira yang lulus, 202 orang diantaranya adalah siswa pria dan 15 orang lainnya adalah Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal). Dari jumlah tersebut adapun rinciannya yaitu, Korps Pelaut 43 orang, Korps Teknik 34 orang, Korps Elektronika 23 orang, Korps Suplai 22 orang (17 Pria dan 5 Wanita), Korps Marinir 25 orang, Korps Kesehatan 34 orang (27 Pria dan 7 Wanita), Korps Khusus 14 orang (11 Pria dan 3 Wanita), Korps Pomal 18 orang, dan Korps Hukum 4 orang.

Dankodiklatal dalam sambutannya mengatakan bahwa, Pendidikan Pembentukan Perwira merupakan salah satu proses pembangunan Sumber Daya Manusia TNI Angkatan Laut, dimana pendidikan Perwira merupakan investasi jangka panjang yang akan menentukan kelangsungan dan kemajuan organisasi dimasa mendatang.

Hal tersebut disampaikan Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah mengingat tantangan yang dihadapi bangsa ini ke depan tidaklah semakin mudah. Oleh karena itu, TNI Angkatan Laut membutuhkan Sumber Daya Manusia, khususnya Perwira Pertama (Pama) yang menguasai keterampilan, ilmu pengetahuan dan teknologi, berbudi pekerti luhur, berkarakter kuat,dan bertanggungjawab.

“Sehubungan dengan telah berakhirnya masa pendidikan pembentukan perwira ini, selaku Komandan Kodiklatal, saya mengucapkan selamat kepada seluruh Alumni Siswa Diktukpa Angkatan ke-53 TA 2023, yang mampu menyelesaikan tugas belajarnya dan lulus menjadi seorang Perwira TNI Angkatan Laut,” ujar Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah.

Selain itu, Dankodiklatal mengucapkan selamat atas prestasinya kepada Letda Laut (P) Fandi Kartika Yudha sebagai siswa terbaik yang meraih penghargaan “Jala Wira Adhiguna”. Ucapan yang sama, juga disampaikan kepada para Perwira yang berhasil meraih prestasi terbaik di tiap-tiap Korps. Semoga prestasi tersebut dapat dipertahankan dimanapun para Perwira nanti bertugas, baik di satuan operasi, pendukung operasi maupun satuan TNI Angkatan Laut lainnya.

Adapun Prosesi Tupdik kali ini diawali dengan pernyataan resmi penutupan pendidikan oleh Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, dilanjutkan pemberian medali kepada siswa terbaik tiap-tiap Korps dan penyerahan Ijazah kepada para wisudawan.

Sebagai lulusan terbaik dari masing-masing Korps diantaranya adalah Korps Pelaut diraih Siswa Diktukpa Fandi Kartika Yudha, Korps Teknik diraih Siswa Diktukpa Heri Miswanto, Korps Elektronika diraih Siswa Diktukpa Hariono, Korps Suplai diraih Siswa Diktukpa Dian Maolani, Korps Marinir diraih Siswa Diktukpa Siswa Diktukpa Angga Adi Heruanto, Korps Khusus diraih Siswa Diktukpa Muhamad Yani, Korps Kesehatan diraih Siswa Diktukpa Pratama Febry, Korps Polisi Militer diraih Siswa Diktukpa Taufan Kuncoro, dan Korps Hukum diraih Siswa Diktukpa Wahyu Tri Hariadi. (Arifin)

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *