Dandim 0809/Kediri Hadiri Peresmian Pasar Wates Berkonsep Wisata Tradisional Modern dan Berbudaya

Kediri (cokronews.com) —- Dandim 0809/Kediri Letkol Inf. Aris Setiawan, S.H., menghadiri Peresmian dan Tasyakuran Pasar Wates yang berada di Desa Tawang Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Senin (29/1/2024)

Peresmian dan Tasyakuran yang bertemakan “Tematik Wisata Tradisional Modern Berbudaya” dihadiri sekitar 250 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kediri H. Hanindhito Himawan Pramana,SH, Dandim 0809/Kediri Letkol Inf Aris Setiawan,SH, Kapolres Kediri AKBP Bimo Ariyanto,SH.,S.I.K, Sekda Kabupaten Kediri Dr. Muhammad Solikin, M.A.P, Anggota DPRD Kabupaten Kediri Diniyah, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih, Kepala Kesbangpol Kab. Kediri Yuli Marwantoko,SE.,MM, Kasi DATUN Kejaksaan Negri Kabupaten Kediri Bonard D.Y,SH.,MH, Plt Kasatpol PP Kabupaten Kediri Kaleb Untung Satrio Wicaksono.MM, Kapolsek Pesantren Kota Kediri Kompol T. Sugiyanto, Danramil 0809/10 Wates Kapten Inf Suliono, Wakapolsek Wates IPTU Andi, Para camat Se-Kabupaten Kediri, Kades Se-Kecamatan Wates dan Para pedagang Pasar Wates.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih dalam sambutannya menyampaikan, ”Bahwasanya Pasar Wates yang terletak di Desa Tawang kecamatan Wates Kabupaten Kediri dengan pembangunan dari anggaran APBN dan pendapatan Daerah sebesar 16,5 Miliar.

Jumlah anggaran yang cukup besar untuk pembangunan Pasar Wisata berbudaya dengan konsep tradisional modern, bahwasanya untuk Pasar Wates ini di desain tidak hanya sekedar pasar tapi bagaimana Pasar Wates ini juga bisa menjadi daya tarik untuk orang luar.

Kami mendapat apresiasi dari para pedagang pasar Wates dan mudah mudahan dari masyarakat luar Kabupaten Kediri untuk bisa masuk pasar apalagi dengan destinasi wisata yang ada di sekitar Pasar Wates khususnya area Gunung Kelud.

Ini menjadi daya tarik tersendiri untuk menjadikan pasar project dengan tema budaya tradisional modern sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kediri.

Bahwa bangunannya pasar seperti ini ada unsur budaya Kabupaten Kediri, Sesuai dengan konsep pasar Wates sesuai dengan konsepnya, Untuk parkir dan ada 22 titik CCTV.

Bahwa jumlah pedagang yang ada di Pasar Wates kurang lebih 500 pedagang tepatnya 486 pedagang ini terdiri dari temen-temen pedagang yang ada di kios kurang lebih 43 sisanya adalah yang nampak kemudian yang lesehan dan juga yang masih darurat jadi ini mohon support dari bapak Ibu sekalian selaku pedagang pasar Wates, kami akan terus tambah dengan fasilitas.

Kaitannya dengan pembangunan Pasar Wates ini banyak sekali support dari macam Pengembang karena konsep yang memang diusung sebagaimana arahan yang menjadi prioritas Bupati, Pedagang menjadikan pasar tempat berjualan dengan konsep baru dan diharapkan mendapatkan keberhasilan yang baru.

Pada hari ini diluar laporan kami ada salah satu fendor salah satu seni di area pasar dari Bantul yang membuat relive di area pasar ini,”pungkasnya.

Bupati Kediri H. Hanindhito Himawan Pramana, SH., dalam sambutannya menyampaikan,” Bahwa Laporan pedagangnya 486 pasar ini merupakan salah satu pasar yang membuat saya tahu pahitnya kopi dan pedasnya cabe.

Persoalan di mana dirasakan oleh pedagang yang ditata dengan baik pasar yang bisa dibuat dagang dengan kualitas barang tidak boleh dikurangi. Dari total 486 pedagang tidak ada masalah dan bisa masuk semua dalam berdagang di pasar Wates.

Pasar di kabupaten Kediri yang terbaik adalah pasar Wates dan jaga kebersihannya dan bisa diatur dengan kesepakatan sesuai dengan aturan dan di tata dengan baik tidak ada pedagang yang tidak di dalam pasar.

“Alhamdulilah pada hari Senin ini pasar Wates sudah jadi dan semoga para pedagang mendapat rejeki yang banyak, dan jaga kesehatannya dan selalu bahagia”.

Sementara itu, Komandan Kodim 0809/Kediri Letkol Inf. Aris Setiawan SH, dalam kesempatannya juga mengatakan,” Dengan adanya pembangunan pasar Wates berkonsep Wisata Tradisional Modern dan Berbudaya ini membuat tampilan Pasar Wates semakin rapi dan bersih serta menjadi pasar percontohan di Kabupaten Kediri.

“Kita sudah mamandang bersama bahwa setelah dilakukan pembangunan kondisi Pasar Wates nampak lebih modern, rapi, bersih dan enak dilihat. Diharapkan ke depan masyarakat atau pedagang bisa merawat bangunan ini dengan sebaik mungkin,” harap Dandim.

Dalam kesempatan itu, Dandim juga mengajak warga sekitar pasar serta para pemilik ruko untuk mendukung program pemerintah yang telah dilakukan dengan sama – sama menjaga Kamtibmas dan juga melaporkan ke pihak yang berwajib jika terjadi hal yang tidak diinginkan.(Pendim0809)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *