Bupati Malang Terima Kunjungan Lapangan TIM Penilai Ibangga Award Provinsi Jawa Timur 2024

Malang (cokronews.com) — Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, M,M bersama Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr Nurman Ramdansyah, S.H., Mhum, menerima Kunjungan Lapangan Tim Penilai iBangga Award Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 guna melaksanakan penilaian lebih lanjut terhadap hasil penilaian Desk Audit yang telah ditetapkan beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan yang bertempat di Pringgitan Pendopo Agung Kabupaten Malang pada Kamis (28/3/2024) pagi, dihadiri pula oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur; Tim Penilai iBangga Award Provinsi Jawa Timur Tahun 2024; dan Jajaran Kepala OPD Kabupaten Malang.
Ibangga menjadi salah satu indikator penting yang digunakan dalam mengukur keberhasilan upaya pembangunan kualitas keluarga yang dapat diklasifikasikan menjadi status pembangunan keluarga tangguh, berkembang dan rentan.

Selain itu, Ibangga akan memberikan dampak signifikan terhadap kualitas sumber daya manusia, karena keluarga merupakan unit analisis terkecil di dalam masyarakat yang perlu diketahui secara mikro. Pengukuran Ibangga dilihat melalui dimensi ketentraman, kemandirian, dan kebahagiaan untuk menggambarkan peran dan fungsi keluarga di sebuah wilayah.

“Tujuan iBangga Award ini adalah untuk meningkatkan akselerasi program bangga berencana khususnya program pembangunan keluarga yang diharapkan nanti bisa menjadi refrensi untuk dijadikan percontohan di Kabupaten lainnya,” ucap Dra. Sofia hanik, MM selaku Ketua juri.

Selain itu, Ibangga award ini memiliki tujuan untuk mempromosikan pentingnya keluarga dalam kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat melalui pembangunan keluarga, mengenalkan atau mensosialisasikan Ibangga.

Mendorong komitmen pemerintah dan institusi lainnya untuk meningkatkan kualitas pembangunan keluarga di daerah melalui berbagai program dan inovasinya, menjadikan alat bantu dalam memantau dan mengevaluasi kualitas pembangunan keluarga di daerah.

“Tentunya, kunjungan dari Bapak dan Ibu sekalian menjadi sebuah kebanggaan dan kehormatan, sekaligus menjadi pemacu semangat bagi kami untuk terus mengupayakan terwujudnya pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas melalui pendekatan keluarga,” ujar Bupati Malang.

Dijelaskan Bupati Malang bahwa dalam hal ini, pembangunan nasional mencakup semua dimensi dan aspek kehidupan, termasuk perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Di mana ke depannya, pembangunan keluarga akan bermuara pada meningkatnya kualitas keluarga sehingga dapat timbul rasa aman, tenteram, dan harapan masa depan yang lebih baik dalam mewujudkan kesejahteraan lahir dan kebahagiaan batin.
“Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami senantiasa menyambut baik hadirnya iBangga sebagai suatu pengukuran keberhasilan dalam upaya pembangunan kualitas keluarga, sehingga dapat menjadi data strategis untuk menilai kinerja pemerintah sekaligus menjadi dasar bagi para pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan dalam merumuskan berbagai kebijakan, program, maupun kegiatan terkait,” tegas Bupati Malang.

Tidak kalah penting, perkembangan penduduk dan pembangunan keluarga hendaknya tidak lagi dipahami secara sempit sebagai usaha untuk mempengaruhi pola dan arah demografi semata, akan tetapi sasarannya jauh lebih luas, yaitu untuk mencapai kesejahteraan masyarakat baik dalam arti fisik maupun non fisik termasuk spiritual.

“Dengan demikian, hadirnya iBangga Award ini diharapkan dapat semakin menguatkan komitmen kita bersama untuk meningkatkan kapasitas mitra dan organisasi masyarakat dalam rangka memperkuat ketahanan dan kesejahteraan keluarga untuk mewujudkan 8 (delapan) fungsi keluarga, yakni fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi pendidikan, ekonomi, serta pembinaan lingkungan,” tutup Bupati Malang. (prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *