Bupati Kediri Mas Dhito Mutasi Tiga Kepala OPD, Dua di Antaranya Menjadi Staf Ahli

Kediri (cokronews.com) —– Gerbong pejabat di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri bergerak. Ada 61 pejabat yang berpindah tempat. Tiga di antaranya adalah kepala dinas (kadis), Senin (25/3/2024).

Tiga kadis yang pindah tempat itu adalah Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sri Ilham Wahyu Subekti, Kadis Koperasi dan Usaha Mikro (Kopusmik) Mamiek Amiyato, serta Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Agus Sugiarto.

Dua dari tiga kadis itu bergeser menjadi staf ahli. Sedangkan Ilham dimutasi menjadi kadis kearsipan dan kepustakaan (arpus).

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyebut, mutasi seperti ini adalah hal biasa. Yang bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja.

“Mutasi pejabat itu hal yang wajar. Ini sesuai dengan kebutuhan,” dalih Bupati Dhito, ditemui usai mutasi yang berlangsung di Ruang Joyoboyo, kantor Pemkab Kediri tersebut.

Menurut Mas Bup-sapaan lain Bupati Dhito-mutasi adalah hal yang sangat wajar. Tujuannya adalah untuk penyegaran di dalam sebuah organisasi. Selain itu, Dhito menyebut jika hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan di dalam tubuh pemkab.

“Seperti halnya Bu Mamiek, dia memang kami butuhkan untuk menjadi staf ahli,” tandasnya.

Meskipun demikian, Dhito mengakui pasti ada alasan lain di balik mutasi Jumat kemarin. Sayang Dhito enggan menjelaskan alasan yang dia maksud. Dengan dalih jika hal itu hanya untuk diketahui dirinya sendiri sebagai bupati.

“Pasti ada satu-dua alasan yang cuma saya yang tahu,” pungkasnya sembari meninggalkan Ruang Joyoboyo.

Dalam mutasi itu, sebenarnya ada empat pejabat eselon dua yang bergeser. Selain tiga kepala dinas di atas, satu lagi yang pindah tempat adalah Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Sonny Subroto Maheri Laksono. Pria ini dimutasi menjadi Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan.

Selain itu, 57 pejabat lain yang bergeser. Termasuk di antaranya ada empat sekretaris dinas, dua sekretaris badan, sekretaris Satpol PP, sekretaris inspektorat, inspektur pembantu khusus inspektorat, dan dua kepala bagian.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kediri Mohamad Solikin mengatakan jika tiga posisi kepala dinas yang kosong akan diisi oleh pelaksana tugas (plt). Untuk Dinas Kopusmik akan diisi oleh Santoso yang saat ini sebagai Kabag Perekonomian. Lalu Dinas Perkim akan diisi oleh Irwan Chandra Wahyu Purnama yang saat ini menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sedangkan posisi Kepala Dinas Kominfo akan diisi oleh Sekretaris Dinas Kominfo Nur Miftahul Fuad.

“Semua posisi yang ditinggal tidak boleh kosong. Jadi harus terisi,” ujarnya singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *