Adu Kemampuan Berpikir Prajurit TNI AL, Dankodikdukum Buka LKTI Hardikal 2024

Surabaya (cokronews.com) —– Dalam rangka adu kemampuan berpikir Prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL), Komandan Kodikdukum (Dankodikdukum) Kodiklatal Laksma TNI Dr. Taufik Arief selaku Ketua Panitia Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut (Hardikal) Ke-78 Tahun 2024 membuka Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), bertempat di Auditorium Gd. Pulau Nipa STTAL, Bumimoro Surabaya. Rabu (08/05/2024).

Dankodikdukum mengungkapkan bahwa, LKTI Hardikal kali ini diikuti oleh 37 peserta dari beberapa Kotama TNI Angkatan Laut diantaranya, Kodiklatal, Koarmada II, Seskoal, AAL, STTAL, Dispsial dan RSPAL dr. Ramelan.

Lebih lanjut, dari 37 peserta tersebut, setelah dilaksanakan penilaian naskah oleh Tim Juri, berhasil menjadi finalis antara lain : Mayor Laut (K) Jarot Wicaksono dari Seskoal, Mayor Laut (KH/W) Dewi Nurnindyah dari Dispsial, Mayor Laut (T) Arda Widyaksa dari STTAL, Kapten Laut (P) Baruna Adi Firmanto dari STTAL, Kapten Laut (E) Faiza Haikal dari STTAL, dan Penata Tk. I.III/d Risa Apriyani dari AAL.

Dari enam peserta yang masuk finalis LKTI tersebut, selanjutnya melaksanakan paparan dan tanya jawab di hadapan Tim Juri LKTI yang terdiri dari; Kolonel Laut (KH) Utomo Budihardjo (Kodiklatal), Kolonel Laut (KH) Dr. Muhamat Saiku (AAL), Kolonel Laut (KH) Dr. I Made Jiwa Astika (STTAL), Kolonel Laut (S/W) Dr. Elisabeth (Seskoal) dan Kolonel Laut (KH) I Nyoman Ristawa (Dislitbangal) dengan Ketua Panitia Letkol Laut (KH) Dr. Joko Purnomo dan Sekretaris dan Mayor Laut (T) Dr. April Kukuh.

Dari hasil penjurian ditetapkan sebagai Juara 1 diraih Kapten Laut (E) Faiza Haikal dari STTAL dengan Judul “Konsep Rancangan Smarat Vest Berbasis Aprs (Automatic Packet Reporting System) Guna Mendukung Tugas Tim Vbss (Visit, Board, Search and Seizure).

Juara II diraih Mayor Laut (T) Arda Widyaksa dari STTAL dengan Judul “Penilaian Dampak Pencapaian Minimum Essential Force (Mef) Terhadap Lingkungan Strategis Di Kawasan Laut Natuna Utara.

Sedangkan, Juara III diraih Kapten Laut (P) Baruna Adi Firmanto dari STTAL dengan Judul “Key Factor of Cyber Threat Pada Digital Navigation Dengan Menggunakan Pendekatam Delphi-Ism.

“Melalui LKTI ini, kita harapkan mampu memunculkan karya-karya tulis yang kreatif dan inovatif yang bermanfaat untuk mewujudkan kekuatan TNI Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh menuju Indonesia Emas 2045”, terang Laksma Taufik.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri, Komandan STTAL Laksma TNI Dr. Mukhlis, Wadan STTAL beserta Pejabat Utama STTAL. (Arifin)

Demikian Berita Dinas Penerangan Kodiklatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *