815 Pemuda-Pemudi Ikuti Pendidikan Bintara TNI AL

Sidoarjo, (Cokronews.com) – 815 Pemuda pemudi yang telah lolos seleksi penerimaan prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL), hari ini secara resmi mengikuti Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan XLII gelombang 1 T.A. 2022 yang dibuka oleh Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Wadan Kodiklatal) Laksamana Muda TNI Agus Hariadi mewakili Dankodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono bertempat di Lapangan Samudra Puslatdiksarmil, Sidoarjo, Senin (25/4/2022)

815 orang yang menyandang siswa Dikmaba ini terdiri dari Pria sebanyak 765 siswa dan wanita 50 siswa dan akan mengikuti pendidikan selama 10 sampai dengan 12 bulan. Pendidikan terbagi tiga tahap yakni, tahap pendidikan dasar keprajuritan dilaksanakan selama 3 bulan, tahap pendidikan dasar golongan selama dua bulan dan tahap pendidikan dasar lanjutan golongan kejuruan antara 5 samapai 7 bulan sesuai korps atau Kejuruaan masing-masing.

Dankodiklatal dalam amanat tertulis yang dibacakan Wadan Kodiklatal antara lain menyampaikan ucapan selamat dan mengapresiasi keberhasilan para siswa sehingga dapat mengikuti pendidikan. “Saya ucapkan selamat dan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan para siswa melewati tahapan-tahapan seleksi rekrutmen penerimaan calon siswa, sehingga kalian dinilai lulus seleksi untuk mengikuti pendidikan menjadi calon prajurit bintara TNI AL.” ujar Laksda TNI Agus Hariadi mengutip amanat Dankodiklatal.

BACA JUGA ; Kasal : SDM Merupakan Faktor Sentral Dalam Suatu Organisasi

Lebih lanjut dikatakannya bahwa keberhasilan menjadi siswa Dikmaba TNI AL merupakan suatu kehormatan, karena tidak semua warga negara Indonesia memiliki kesempatan untuk mengabdikan diri sebagai prajurit TNI AL, Oleh karena itu patut bersyukur kepada Tuhan YME atas anugerah yang telah diberikan dan berterima kasih kepada kedua orang tua yang telah sepenuh hati memberikan doa restu dan dorongan semangat motivasi selama mengikuti proses seleksi.

Dankodiklatal pada kesempatan ini melalui amanatnya berpesan kepada para siswa untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME dan supaya belajar dan berlatih sungguh-sungguh dengan melaksanakan semua tugas pendidikan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi.
Dankodikltal juga berpesan supaya para siswa dapat menanamkan kedisiplinan prajurit matra laut dengan tunduk pada semua peraturan pendidikan yang telah ditetapkan pelatih dan menghindari pelanggaran.

Hadir dalam upacara pembukaan dengan komandan upacara (Danup) Komanadan Sekolah Bintara (Danseba) Puslatdiksarmil Letkol Mar Niko Hardianto ini, Ir Kodiklatal, Para Direktur Kodiklatal, Para Komandan Pendidikan (Dankodik), Kadispsial, Danpasmar II serta para Komandan Sekolah di jajaran Kodiklatal. (Arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.