391 Keluarga di Desa Kutorenon Lumajang Terima Bantuan Pangan Berkualitas

Lumajang (cokronews.com) — Dalam upaya mengamankan kebutuhan pangan dan memperkuat perekonomian warga, sebanyak 391 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Kutorenon menerima Bantuan Pangan (Bapang) untuk periode Maret 2024, bertempat di balai Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (27/3/2024).

Bantuan pangan tersebut disediakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang, Jawa Timur bekerja sama dengan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog). Penyaluran bantuan pangan itu merupakan bagian dari komitmen pemerintah daerah dalam mendukung kesejahteraan masyarakat.

Kasi Kesra Desa Kutorenon, Junaedi Abdillah mengungkapkan bahwa bantuan pangan berupa beras seberat 10 kilogram berkualitas premium tersebut diberikan kepada KPM sesuai dengan data yang tersedia dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Lanjut dia, dalam situasi di mana KPM tidak dapat mengambil bantuan, mereka diperbolehkan untuk diwakilkan oleh anggota keluarga yang terdaftar dalam satu Kartu Keluarga (KK), dengan membawa bukti KK dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli.

“Kami memberikan kemudahan bagi KPM yang tidak dapat mengambil bantuan, dengan mengizinkan wakil dari anggota keluarga yang terdaftar dalam satu KK untuk mengambilnya,” ungkap Junaedi.

Lebih lanjut, Junaedi menegaskan bahwa bantuan pangan akan dialihkan kepada warga yang membutuhkan jika ada KPM yang tidak ditemukan alamatnya, telah meninggal dunia, secara ekonomi telah mampu, atau menerima bantuan ganda.

Sementara itu, Kepala Desa Kutorenon Faisal Rizal, mengapresiasi bantuan pangan yang diberikan oleh pemerintah pusat maupun daerah dan menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan dalam upaya membantu perekonomian warga Desa Kutorenon.

“Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban keluarga sehari-hari dan mendorong semangat warga dalam berusaha untuk memperkuat perekonomian keluarga,” harapnya.

Penyaluran bantuan pangan tersebut tidak hanya sekadar pemenuhan kebutuhan pokok, tetapi juga merupakan langkah konkret dalam mendukung kesejahteraan dan penguatan ekonomi masyarakat Desa Kutorenon. Diharapkan, dengan adanya bantuan tersebut, masyarakat akan lebih termotivasi untuk beraktivitas usaha demi mencapai kesejahteraan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *